Tren dan Destinasi Wisata Favorit Jelang Liburan Akhir Tahun

0
Gambar: www.citylab.com
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Ilustrasi wisatawan
Ilustrasi wisatawan

Marketing.co.id – Berita Marketing | Arus liburan akhir tahun diprediksi akan mulai meningkat di minggu terakhir Desember, dan mencapai puncaknya pada minggu pertama Januari 2025. Selain itu, di momen liburan kali ini, mayoritas pelancong cenderung menghabiskan waktu lebih singkat dibanding tahun sebelumnya.

Temuan ini diungkapkan Populix dalam laporan terbarunya bertajuk Understanding The 2024 Year-End Holidays, yang meneliti respon lebih dari 1.000 orang, yang didominasi karyawan muda lajang dan kalangan menengah ke atas.

Ketika ditanya kapan rencananya mereka akan mulai berlibur, tahun ini 19% responden berencana mulai berlibur di minggu ketiga Desember. Lalu, jumlahnya meningkat dua kali lipat (38%) di minggu keempat Desember. Kemudian, akhirnya mencapai puncak di minggu pertama Januari, yang diungkapkan 42% responden. Tren liburan di awal tahun ini mengalami peningkatan sekitar 9% dibanding tahun sebelumnya.

VP of Research Populix Indah Tanip menjelaskan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi perubahan tren ini adalah posisi hari libur Natal dan Tahun Baru yang jatuh di pertengahan minggu. Oleh sebab itu, sebagian pekerja masih harus bekerja di 27 dan 30 Desember, yang akhirnya mendorong mereka mulai berlibur di awal tahun.

Tahun ini masyarakat juga cenderung menghabiskan waktu liburan yang lebih singkat, yaitu kurang dari satu minggu. Sekitar 39% responden menyatakan akan berlibur selama empat hingga tujuh hari, angka ini lebih rendah 9% dari tahun sebelumnya yang mencapai 48%. Sebaliknya, responden yang ingin berlibur 3 hari atau kurang malah mengalami peningkatan sekitar 8% menjadi 39%.

“Kami juga menemukan peningkatan wisatawan domestik yang berencana berlibur ke Yogyakarta. Temuan ini sejalan dengan laporan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang mengungkapkan jumlah kunjungan di Oktober 2024, saja sudah mencapai 8,7 juta wisatawan. Angka ini melonjak dari perkiraan sebelumnya yang hanya 5 juta kunjungan,” tambah Indah.

Selain Kota Gudeg yang akan dikunjungi 33% responden, lima kota teratas yang menjadi destinasi wisatawan domestik akhir tahun ini adalah Bali (23%), Bandung (22%), Malang (14%), dan terakhir, si kota hujan, Bogor (10%).

Sedangkan untuk destinasi mancanegara, meskipun mengalami penurunan tren sekitar 5% dari tahun sebelumnya, 17% responden masih memilih Jepang. Disusul Singapura (14%), Korea Selatan (12%), Malaysia (10%), dan Thailand (7%).