Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Jumpstart, penyedia smart coffee machine untuk klien B2B, hari ini merayakan hari jadinya yang ke-6 dengan meluncurkan inovasi terbaru, NOD (Never Ordinary Device), yaitu mesin kapsul pintar pertama di Indonesia yang menyajikan berbagai minuman otomatis sesuai preferensi konsumen.
Peluncuran NOD merupakan langkah strategis untuk memperluas pangsa pasar ke segmen B2C dengan memberikan pengalaman secara personal dan praktis. Berbagai pilihan minuman mulai dari kopi, teh, herbal dan susu, tersedia melalui mesin ini untuk konsumen Indonesia.
Brian Imawan, CEO JumpStart, menjelaskan, “Sejak hadir pada tahun 2018, JumpStart telah mencatat pertumbuhan signifikan. Dari 454 mesin pada tahun pertama hingga lebih dari 4.000 unit tersebar di berbagai kota di Indonesia pada tahun 2024. NOD kami perkenalkan sebagai ‘personal barista at home’ agar masyarat bisa bereksplorasi dengan pilihan minuman favorit mereka.”
Mesin pintar ini adalah satu-satunya di Indonesia yang tak hanya menyajikan kopi, tapi juga minuman non-kopi seperti teh, minuman herbal, dan susu. Teknologi canggih yang disematkan memungkinkan pengguna mengoperasikan melalui satu sentuhan saja.
Tak hanya itu saja, fitur self-cleaning sangat membantu karena pengguna tidak perlu lagi repot-repot membersihkan mesin ini setelah pembuatan minuman. Sebagai pilihan, NOD menghadirkan 13 varian minuman kopi dan non-kopi.
Dalam acara ini pula JumpStart menggandeng Espresso Embassy Coffee Roaster, untuk memperkenalkan Strawberry Alien, yaitu kopi unik dari Kolombia yang diproses dengan fermentasi honey wine yeast dan strawberry infusion, sebagai salah satu varian NOD.
Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, JumpStart menggandeng Mortier untuk mengolah limbah plastik dari kapsul bekas NOD menjadi berbagai produk rumah tangga, seperti tatakan gelas (coaster), kacamata, meja dan furnitur kecil.

Hian Tjen, seorang desainer ternama, turut serta berkolaborasi untuk menciptakan gaun couture berbahan plastik daur ulang kapsul NOD, sebagai simbol komitmen JumpStart terhadap sustainable fashion.
“Melalui mesin pintar ini, kami ingin menyediakan platform yang mendukung UMKM karena negara ini kaya akan rempah-rempah dan bahan lokal yang beragam. Ini adalah bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, yang juga bertujuan untuk mendukung budaya lokal, sekaligus menghadirkan #makeyourjoy bagi setiap konsumen.” tutup Brian