TIMEZ berkolaborasi dengan Perfect Corp. menghadirkan solusi AR Watch Virtual Try-On pertama kalinya di aplikasi ,obile
Marketing.co.id – Berita Marketing | Jam tangan kini tak lagi hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Lebih dari itu, jam tangan telah menjadi aksesori fesyen yang dapat membuat penampilan menjadi paripurna. Jam tangan juga menjadi perangkat yang dapat mendukung gaya hidup dan profesi, misalnya sport watch untuk mencatat performa saat berolahraga dan memantau kesehatan tubuh, dive watch untuk yang hobi menyelam, dan pilot watch dengan fungsi-fungsi yang mendukung profesi pilot.
Beragamnya fungsi jam tangan membuat kebanyakan orang memilikinya lebih dari satu, bahkan sampai ada yang koleksi. Apalagi saat ini, membeli jam tangan sudah semakin mudah karena dapat dilakukan secara daring. Jika jam tangan yang diinginkan tidak terdapat di toko terdekat, konsumen bisa membeli secara daring karena sudah banyak brand dan retail jam tangan yang menerapkan strategi omnichannel dalam memasarkan produknya.
Kondisi ini didukung hasil survei terhadap 6.045 konsumen global yang terdapat di The Deloitte Swiss Watch Industry 2023. Survei tersebut menyatakan bahwa walaupun membeli jam tangan di toko masih menjadi pilihan 52% konsumen, tapi jumlah ini menurun dibandingkan tahun lalu (58%). Sementara, pembelian jam tangan secara daring terus meningkat secara perlahan, yaitu sebanyak 24% dari e-commerce dan multi-brand platform dari yang sebelumnya sebesar 23%, serta 17% dari website milik brand dari yang sebelumnya sebesar 14%.
Masih menurut studi tersebut, bagi konsumen, pembelian jam tangan secara langsung di toko menjadi pilihan utama karena dapat menguji dan mencoba secara langsung produk yang mereka inginkan (52%). Selain itu, kontak langsung dengan penjual dan ahli di toko juga menjadi pertimbangan 43% responden, diikuti dengan faktor kenyamanan menjadi pertimbangan 42% responden.
Kondisi ini tak luput dari perhatian Perfect Corp. yang memiliki komitmen dan dedikasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen melalui teknologi digital yang inovatif. Kolaborasi terbaru bersama TIMEZ menghadirkan solusi digital khusus untuk jam tangan di aplikasi ponsel TIMEZ yang mengintegrasikan 3D modelling, 3D rendering, dan teknologi AR yang canggih, untuk memberi pengalaman digital yang lebih baik bagi konsumen.
Konsumen dapat mengakses fitur “AR Try-On” dari interface utama aplikasi. Setiap produk jam tangan ditampilkan secara 3D, sehingga konsumen dapat memutar dan memperbesar/memperkecil tampilan 360 derajat. Selain itu, AR virtual try-on ini memungkinkan konsumen mengenakan jam tangan di pergelangan tangan secara virtual. Tak hanya dari satu sisi, teknologi pelacakan tangan AgileHand™️ yang telah dipatenkan memungkinkan konsumen dengan mudah memutar pergelangan tangan agar dapat melihat jam tangan dari berbagai sudut.
Teknologi 3D Rendering dengan presisi tinggi memastikan warna, tekstur, dan efek pencahayaan direproduksi secara akurat, agar dapat menampilkan kualitas jam tangan dengan akurasi yang sempurna di layar ponsel. Pengalaman virtual try-on yang sangat interaktif ini membuat proses pemilihan jam tangan menjadi lebih simpel dan mudah, sekaligus lebih personal bagi konsumen.
Selain itu, konsumen juga dapat memanfaatkan fitur pengenalan jam tangan berbasis AI untuk mengidentifikasi model jam tangan tertentu secara akurat. Cukup dengan mengambil foto atau mengunggah foto ke aplikasi, sistem dapat secara otomatis mengenali dan mencocokkan jam tangan dengan merek dan serinya hanya dalam waktu 0,8 detik. Konsumen juga mendapatkan informasi spesifikasi teknis yang detail dari produk tersebut, serta data harga pasar. Saat ini, model AI tersebut mendukung identifikasi lebih dari 53.000 jam tangan, untuk memberi pengalaman pencarian yang cepat dan nyaman bagi konsumen.
Dengan pemanfaatan solusi berteknologi canggih Perfect Corp, TIMEZ telah memiliki data terstruktur dari beragam jam tangan mewah serta meluncurkan fitur virtual try-on untuk menjawab kebutuhan pasar di dalam aplikasinya. Solusi digital ini telah membantu TIMEZ dalam menyediakan pengalaman belanja digital yang berkelanjutan, personal, dan digital bagi konsumen serta pengguna aplikasi TIMEZ, sekaligus mendukung pertumbuhan omnichannel-nya.
Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp. berharap, kolaborasi ini akan semakin meningkatkan pengalaman berbelanja digital bagi para penggemar jam tangan dan mendorong perkembangan industri jam tangan di masa depan. “Penggunaan teknologi kami oleh TIMEZ merupakan bukti kepercayaan mereka terhadap kemampuan Perfect Corp. dan kemampuan kami untuk memenuhi permintaan pasar jam tangan kelas atas,” pungkasnya.