Friday, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeUMKMAKI 2024 Siapkan Pelaku Ekraf Indonesia Naik Kelas

AKI 2024 Siapkan Pelaku Ekraf Indonesia Naik Kelas

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 telah memasuki puncak acara. Terpilih 12 finalis yang akan mewakili masing-masing daerah pada Pekan Puncak di Jakarta dari 412 peserta yang mengikuti bootcamp dan pameran yang berasal dari 12 kota/kabupaten.

Jenema yang terpilih adalah Tutu and Co, Silhouette Crochet, Galeri Batik Torsai, Guru Batik, Batik Nation, DDWAN, Ifamoy, Sincere Foods, Delawa Coffee Manggarai, RKD Coffee Merauke, Story Tale, dan Qara’a.

Selain 12 finalis AKI 2024, juga terlibat kembali sembilan peserta AKI 2021 – 2023 yang berada di Jabodetabek, enam peserta binaan Direktorat Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen, serta dua pihak partnership AKI tahun 2024 yaitu PT Astragraphia Tbk dan GOTO.

Mengusung tema “To the Next Level”, Pekan Puncak AKI 2024 berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif Indonesia dengan memberikan wadah kepada para pelaku usaha untuk memperluas jaringan bisnis, menarik investasi, dan menjalin kolaborasi.

“Selama empat tahun perjalanannya, AKI sudah hadir di 60 kota di 31 provinsi di Indonesia. AKI lahir dari sebuah harapan pascapandemi untuk kita menghadapi masalah ekonomi, melibatkan 1.600 pelaku ekonomi kreatif dan 1.600 produk kreatif terbaik di Indonesia,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Pekan Puncak AKI 2024 akan menjadi ajang bagi para finalis untuk memasarkan produk mereka di panggung nasional. Sehingga mampu memberdayakan generasi kreatif Indonesia.

“AKI berkontribusi besar terhadap penciptaan tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif hingga mencapai 25 juta. Keberlanjutan dari program-program ekonomi kreatif ini sangat diperlukan untuk memantapkan posisi kita menjadi negara maju menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Sandiaga.

Selain meningkatkan visibilitas, pameran ini akan membantu mereka menjalin kerja sama dengan konsumen, mitra bisnis, serta investor potensial. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pekan Puncak AKI telah berhasil mencatatkan prestasi luar biasa. Pada 2021-2023, omzet yang dihasilkan para finalis mencapai sekitar Rp845 juta, dengan pengunjung mencapai 50 ribu orang.

Banyak perjanjian bisnis baru yang tercipta, dengan total nilai transaksi lebih dari Rp 500 juta. Tak hanya pameran, para finalis juga akan mendapatkan akses ke sesi mentoring eksklusif, tantangan bisnis, dan peluang kolaborasi dengan pemain industri besar.

“Kami ingin kontribusi dari ekonomi kreatif ini meningkat dari 8 persen bisa naik menjadi 12 persen, menciptakan 30 sampai 35 juta lapangan kerja yang berkualitas,” harap Sandiaga.

Para 12 finalis AKI 2024 nantinya akan terus didampingi oleh Kemenparekraf. Bagi para finalis yang memiliki produk dengan kualitas internasional akan dibawa untuk bisa ikut kelas ekspor dari Kemendag. (AB)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular