Campaign #ForABetterWorld dan PeaceGeneration Indonesia Luncurkan Kampanye #Friendship4Peace

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Indonesia menghadapi tantangan serius dalam toleransi beragama, seperti yang diungkapkan dalam laporan SETARA Institute 2023. Laporan tersebut mencatat 217 peristiwa dengan 329 tindakan pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan, meliputi kesulitan dalam pembangunan tempat ibadah, penerapan peraturan diskriminatif, tuduhan penistaan agama, serta pelarangan kegiatan keagamaan. Kasus terbaru yang mencuat adalah penolakan pembangunan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Maret 2023, serta viralnya pembubaran aktivitas ibadah di Teluk Naga, Kabupaten Tangerang pada Juli 2024.

Menanggapi masalah ini, 20 komunitas lokal di Indonesia telah meluncurkan kampanye #Friendship4Peace untuk mempromosikan kebebasan beribadah dan berkeyakinan. Kampanye ini diluncurkan melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld, sebuah platform inovatif yang memfasilitasi penyampaian isu sosial secara luas. Kampanye ini berkolaborasi dengan PeaceGeneration Indonesia, sebuah social enterprise yang berfokus pada pendidikan perdamaian.

Irfan Amali, Direktur Eksekutif PeaceGeneration Indonesia, menyatakan, “Kampanye ini merupakan langkah nyata yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan. Kami memahami banyak orang yang ingin memerangi intoleransi tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Dengan berpartisipasi dalam #Friendship4Peace, masyarakat bisa memberikan kontribusi positif dengan cara yang sederhana, yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.”

Kampanye #Friendship4Peace di aplikasi Campaign #ForABetterWorld bertujuan untuk mendorong masyarakat berdonasi tanpa uang. Kontribusi ini akan mendukung berbagai kegiatan toleransi, seperti edukasi lintas agama untuk anak-anak di Medan dan dialog terbuka untuk pembangunan tempat ibadah di Kabupaten Bandung.

Benaya Jonatan, Project Lead #Friendship4Peace dan Program Officer Campaign, menjelaskan, “Kasus intoleransi di Indonesia masih terus berlanjut, yang ironis mengingat semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Kami mengajak masyarakat untuk beraksi nyata dengan mengunduh aplikasi Campaign #ForABetterWorld dari App Store atau Google Play. Setelah itu, partisipasikan diri dalam challenge dari program #Friendship4Peace untuk menunjukkan dukungan nyata terhadap toleransi.”

Saat ini, berbagai kalangan masyarakat telah berpartisipasi dalam aksi-aksi di aplikasi Campaign #ForABetterWorld. Aktivitas yang dilakukan meliputi mengunggah foto bersama teman lintas iman dan membagikan pesan persahabatan untuk teman-teman dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan. Aksi-aksi ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar kelompok agama dan memperkuat rasa saling pengertian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here