Friday, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeDIGITAL & TECHNOLOGYIndosat dan Google Cloud Ubah Lanskap Cloud Indonesia

Indosat dan Google Cloud Ubah Lanskap Cloud Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Google Cloud, mengumumkan perluasan kemitraan untuk menghadirkan layanan cloud sovereign dan edge cloud generasi baru di Indonesia. Layanan ini dirancang untuk memenuhi persyaratan penyimpanan data, keamanan, dan privasi yang ketat di negara ini.

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Google Cloud mengumumkan perluasan kemitraan untuk menghadirkan layanan sovereign cloud dan edge cloud generasi baru di Indonesia yang memenuhi persyaratan lokasi penyimpanan data, keamanan, dan privasi paling ketat di Indonesia. Melalui kemitraan ini, Indosat Group merencanakan untuk menawarkan Google Distributed Cloud (GDC) kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan unik mereka yang hendak menjalankan beban kerja AI dan data intensif di lokasi pilihan mereka. Foto: Ist.

Kemitraan ini akan memungkinkan Indosat Group menawarkan Google Distributed Cloud (GDC) kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia. GDC dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus dalam menjalankan beban kerja berbasis AI dan data intensif di lokasi pilihan masing-masing perusahaan. Ini bertujuan untuk memberdayakan berbagai sektor, termasuk pertahanan, kesehatan, jasa keuangan, energi, dan manufaktur, dengan kemampuan AI dan analitik terbaik.

GDC adalah solusi terkelola sepenuhnya yang mencakup layanan perangkat lunak lengkap dan perangkat keras yang dapat dikembangkan. Solusi ini juga memungkinkan sistem berjalan terpisah dari internet publik untuk beban kerja yang sangat sensitif atau terhubung antara lokasi edge dan wilayah Google Cloud di Indonesia.

Indosat Group akan menawarkan opsi hosting untuk GDC di pusat data mereka, memastikan bahwa data tetap berada di bawah kendali pelanggan dan dalam wilayah Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dan Peraturan Pemerintah No. 71.

Vikram Sinha, Direktur Utama dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Indonesia sedang menuju era keemasannya pada tahun 2045. Indosat Group berkomitmen mendukung visi ini melalui kemajuan teknologi. Kemitraan dengan Google Cloud ini menghadirkan solusi cloud sovereign dan edge cloud pertama di Indonesia, yang akan mempercepat digitalisasi dalam skala besar.”

GDC memungkinkan perusahaan mengakses fitur utama dari Vertex AI—platform AI Google Cloud—untuk mengembangkan machine learning dan aplikasi AI generatif. Ini termasuk model ML untuk Speech-to-Text, penerjemahan, dan optical character recognition (OCR) yang mendukung lebih dari 100 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Thomas Kurian, CEO Google Cloud, menambahkan, “Kemitraan kami dengan Indosat Group akan memperkenalkan solusi cloud lokal dan edge cloud generasi baru. Layanan AI kami yang unggul, dikombinasikan dengan keahlian teknologi Indosat, akan membantu bisnis menganalisis data, mendapatkan wawasan, dan meningkatkan produktivitas.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular