Survei Corporate Image Award telah dilakukan sejak tahun 2000, dimana setiap tahunnya kejadian tersebut semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya subjek yang disurvei.
Citra perusahaan yang baik mempunyai dampak positif terhadap preferensi konsumen terhadap produk dan jasa. Studi mengenai citra perusahaan menegaskan bahwa sikap konsumen terhadap perilaku pembelian dipengaruhi oleh citra perusahaan. Dalam perenungan dan pengadaan informasi, konsumen cenderung mempertimbangkan antara sikap terhadap suatu produk dan citra perusahaan.
Keseimbangan dan konsistensi antara keduanya menciptakan image yang baik, yang jika dikelola dengan baik akan menguntungkan perusahaan. Dalam upaya menetapkan tolok ukur dalam menentukan pencapaian citra perusahaan tertinggi, Frontier Group telah melakukan survei omnibus tahunan yang dikenal dengan “Corporate Image Index”.
Survei ini dilakukan terhadap empat kelompok responden, yaitu manajemen/praktisi bisnis, pemegang saham/investor, jurnalis selain infotainment, dan masyarakat. Kriteria responden pada kelompok manajemen adalah mereka yang mempunyai jabatan minimal manajer pada suatu perusahaan produk/jasa dan berusia antara 30 sampai 65 tahun.
Responden investor adalah mereka yang pernah melakukan transaksi saham dalam satu tahun terakhir dan/atau sedang melakukan investasi pada saham, obligasi, atau surat berharga pada suatu perusahaan tertentu. Rentang usia responden investor adalah 30 hingga 65 tahun. Responden jurnalis adalah mereka yang mempunyai profesi jurnalis yang meliput ekonomi dan bisnis (tidak termasuk jurnalis infotainment/hiburan) di media massa, berusia antara 25 hingga 40 tahun. Sedangkan responden masyarakat diambil dari masyarakat yang berusia 25 hingga 65 tahun dan memiliki pengeluaran keluarga minimal Rp 6 juta per bulan.
Ada 3000 responden dalam proyek ini. Metode survei yang digunakan adalah wawancara tatap muka. Metode pengambilan sampel untuk responden di kalangan manajemen, pemegang saham/investor, dan jurnalis adalah purposive sampling, dan untuk responden publik adalah multistage area random sampling.
Pengukuran Citra Perusahaan menggunakan empat dimensi yaitu Kualitas, Kinerja, Tanggung Jawab, dan Daya Tarik. Dimensi kualitas terdiri dari 4 atribut: “Kepedulian yang baik terhadap konsumen”, “Produk/layanan berkualitas tinggi”, “Perusahaan terpercaya” dan “Perusahaan inovatif”.
Dimensi kinerja terdiri dari dua atribut yaitu “Perusahaan dengan peluang tumbuh dan berkembang” dan “Perusahaan yang dikelola dengan baik”.
Dimensi tanggung jawab juga memiliki dua atribut: “Perusahaan ramah lingkungan” dan “Perusahaan dengan tanggung jawab sosial”.
Dimensi daya tarik terdiri dari dua atribut yaitu “Perusahaan tempat kerja impian” dan “Perusahaan dengan karyawan berkualitas tinggi”.
Berikut, index lengkapnya kami sajikan dalam bentuk pdf di bawah ini:
MM_AGS 24_Tabel CIA 2024