Layanan pelanggan yang positif dalam ingatan pelanggan tidak hanya akan menciptakan loyalitas dan pembelian berulang, namun juga menghasilkan ulasan positif yang pada akhirnya akan menciptakan peluang bisnis baru.
Marketing.co.id – Berita Marketing | Customer service atau layanan pelanggan adalah layanan yang diberikan sebelum, selama, atau sesudah konsumen melakukan pembelian. Layanan pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang ikut bermain ketika seorang pelanggan menentukan pembelian, selain kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
Nah, untuk menjadi puas atau setia, para pelanggan sering kali harus menghadapi sebuah pengalaman (experience), dan layanan pelanggan adalah bagian dari pengalaman tersebut. Layanan pelanggan yang baik akan menciptakan loyalitas dan retensi.
Dalam situasi persaingan bisnis yang kian ketat seperti sekarang ini, menawarkan layanan pelanggan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Sayangnya, ini sering kali hilang. Lalu, bagaimana membuat layanan pelanggan yang baik?
Layanan pelanggan yang baik selalu membuat para pelanggan sebagai prioritas. Menyambut pelanggan dengan ramah, entah itu melalui telepon, media sosial, email, telepon atau datang langsung ke kantor. Oleh karenanya, biarkan mereka tahu bahwa Anda berada di sana siap membantu dan mengurus segala kebutuhan mereka. Bukan hanya sebelum penjualan terjadi namun juga setelahnya. Dalam situasi bisnis yang terus berkembang, pelanggan adalah persyaratan penting untuk bertahan hidup.
Layanan pelanggan adalah salah satu aspek yang paling penting dari setiap transaksi bisnis. Ini dimulai ketika pelanggan berjalan melewati toko, dan berlanjut hingga interaksi terakhir mereka. Kadang-kadang, setelah proses transaksi selesai dilakukan. Pelayanan memainkan peran penting dalam memengaruhi pelanggan melihat sebuah perusahaan atau brand. Pengalaman buruk yang diterima pelanggan dapat merusak persepsi mereka terhadap perusahaan atau brand. Terlepas dari kualitas produk yang ditawarkan. Tentu, kondisi ini akan sangat merugikan.
Setiap bagian dari transaksi bisnis dipengaruhi layanan pelanggan. Pelanggan akan melihat segalanya, mulai dari bagaimana cara karyawan Anda menyambut hingga menangani transaksi pembelian. seorang karyawan toko yang cuek, tidak senyum dan menghindari kontak mata dengan pelanggan akan membuat kesan yang negatif dibandingkan dengan mereka yang tetap penuh perhatian, ramah dan memperlakukan pelanggan seperti tamu terlepas pelanggan itu melakukan transaksi atau tidak.
Memberikan kualitas layanan pelanggan yang baik dapat dengan mudah membuat pelanggan menjadi loyal, melakukan pembelian berulang, bahkan memberikan review yang baik di media sosial. Sebaliknya. Jika kualitas layanan yang diberikan buruk, pelanggan juga dengan mudah akan memberikan review yang buruk di media sosial. Mengerikan, kan?
Layanan pelanggan bukan hanya berlaku bagi karyawan yang berada di area penjualan. Perusahaan dengan praktek layanan pelanggan paling sukses selalu memastikan bahwa karyawan hingga tingkat eksekutif sama-sama tahu pentingnya memperlakukan setiap pelanggan secara personal.
Tujuan dari layanan pelanggan yang baik adalah tidak hanya menjual produk atau layanan. Layanan pelanggan yang positif dalam ingatan pelanggan tidak hanya akan menciptakan loyalitas dan pembelian berulang, namun juga dapat menghasilkan ulasan positif yang pada akhirnya akan menciptakan bisnis baru.
Tak ada trik ajaib untuk mencapai layanan pelanggan yang baik. Namun, mengingat prinsip sederhana akan memungkinkan bisnis membangun pendekatan layanan pelanggan yang berhasil. Layanan pelanggan yang sangat baik bergantung pada bagaimana cara Anda melebihi harapan dasar pelanggan.
Apakah itu senyum ramah dari kasir, sales penjualan yang mengingat nama pelanggan dengan baik, atau bantuan pribadi dalam menyelesaikan masalah pelanggan, layanan pelanggan yang sangat baik adalah penting dalam memberikan pengalaman pelanggan yang mencolok. Dan, itu akan membuat Anda menjadi top of mind dibanding yang lain. (TheBalance.com)