Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Merek pembalut wanita PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Charm, bersama dengan YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) sukses mengadakan acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara, yakni “Ayo SADARI Setelah Menstruasi Fun Walk,” pada Minggu, 1 Oktober 2023 di Car Free Day (CFD), Jakarta.
Mengikuti suksesnya peluncuran kampanye “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” tahun sebelumnya, Charm dan YKPI menyelenggarakan Fun Walk dengan jarak sekitar 3 kilometer yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta. Partisipan terdiri dari 100 survivor kanker payudara, perwakilan dari YKPI, sejumlah karyawan PT Uni-Charm Indonesia Tbk, dan pengunjung CFD.
Ayo SADARI Setelah Menstruasi Fun Walk merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pink ribbon yang ketiga kalinya bagi merek Charm. Melalui kegiatan ini, mereka berupaya untuk membantu dalam penemuan kasus kanker payudara pada stadium awal, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia.
Menurut data dari World Health Organization (WHO) dalam Globocan pada tahun 2020, Indonesia memiliki jumlah penderita kanker payudara tertinggi dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, dengan lebih dari 20 ribu penderita yang meninggal dunia. Trend ini menjadikan kanker payudara sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, perlunya kesadaran akan pencegahan dan deteksi dini sangat mendesak.
Dalam acara Ayo SADARI Setelah Menstruasi Fun Walk, Charm dan YKPI juga menyediakan booth pendidikan tentang kanker payudara. Di booth Charm, mereka memperkenalkan produk pembalut wanita edisi terbatas bertema Pink Ribbon, yang akan diluncurkan pada pertengahan bulan Oktober 2023. Terdapat pula “Wall of Fame” di mana pengunjung dapat menuliskan pesan dukungan kepada penderita kanker payudara.
Di booth YKPI, pengunjung dapat mendengarkan penjelasan tentang gaya hidup yang dapat mencegah kanker payudara, waktu terbaik untuk melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), serta kondisi dan gejala kanker payudara pada berbagai stadiumnya. Pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam sesi Zumba yang dipandu oleh instruktur dan mendengarkan talkshow bersama para survivor kanker payudara di panggung utama.
Linda Agum Gumelar, pendiri YKPI, menyampaikan apresiasi atas kerjasama ini. “Kami merasa bangga dapat berkolaborasi bersama Charm selama 3 tahun berturut-turut untuk melakukan kegiatan Pink Ribbon. Kemungkinan kanker payudara untuk dapat disembuhkan lebih tinggi jika dideteksi pada stadium awal, sehingga melalui kegiatan ini kami berharap gerakan SADARI setelah menstruasi dapat lebih terpenetrasi, dan menjadi suatu kebiasaan.”
Sri Haryani, Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, menggarisbawahi urgensi masalah kanker payudara. “Kanker payudara adalah salah satu permasalahan kesehatan yang serius di Indonesia. Apabila tidak ditangani dengan serius, beresiko akan menurunkan kualitas hidup khususnya Wanita. Karena itu, berangkat dari adanya kesamaan visi yaitu ‘berkontribusi untuk wanita Indonesia’, di tahun ini Charm kembali berkolaborasi dengan YKPI.”
Acara fun walk yang diselenggarakan oleh brand pembalut wanita adalah yang pertama kalinya di Indonesia, berharap melalui kegiatan ini para wanita akan lebih memiliki kesadaran akan kesehatan payudara, juga pemahaman yang betul terkait kanker payudara, agar pada akhirnya dapat hidup sehat dan saling mendukung sesama wanita.
Kegiatan ini juga mencerminkan kontribusi PT Uni-Charm Indonesia Tbk terhadap target No. 3 dan No. 17 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua usia dan berpartisipasi dalam kemitraan untuk mencapai tujuan. Dengan moto “Aktivitas perusahaan yang dikembalikan pada masyarakat,” mereka berkomitmen untuk terus berupaya dalam memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs.
Charm dan YKPI memiliki visi bersama untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara, membantu deteksi dini, dan menginspirasi perempuan Indonesia untuk hidup sehat. Dengan terus mengadakan acara seperti “Ayo SADARI Setelah Menstruasi Fun Walk”. Selain itu, berharap dapat memainkan peran penting dalam mengurangi angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia.