Bagaimana RCS merevolusi strategi marketing komunikasi untuk sebuah brand – Oleh Siddhesh Sawant, Regional Vice President, Netcore Cloud
Marketing.co.id – Berita Marketing | Kemunculan SMS pertama pada musim dingin tahun 1992, sebuah ucapan “Selamat Natal” yang disampaikan oleh Richard Jarvis dari Vodafone, menandai tonggak bersejarah dalam evolusi komunikasi. SMS telah berkembang pesat sejak saat itu, dan telah muncul sebagai alat penting bagi brand untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dan memupuk engagement.
Terlepas dari berkembangnya berbagai saluran yang tersedia untuk brand, SMS telah muncul sebagai salah satu saluran yang paling bisa diandalkan untuk memaksimalkan jangkauan dan melibatkan pelanggan. Peran penting pemasaran SMS telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa selama bertahun-tahun, dengan 27% lebih banyak bisnis yang memanfaatkan alat pemasaran yang kuat ini pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Ketika kita menyaksikan peningkatan pesat dari pemasaran SMS, terbukti bahwa brand-brand menggunakan channel ini secara besar-besaran untuk menarik perhatian pelanggan mereka.
Namun, dengan melakukan hal tersebut, mereka berisiko menyebabkan kecenderungan yang mengkhawatirkan yaitu kejenuhan akan informasi di kalangan pelanggan, yang semakin dibombardir dengan lebih dari 20.000 eksposur brand per hari. Ditambah dengan kecenderungan yang membingungkan tentang penyusutan rentang atensi seseorang, jelaslah bahwa menarik dan mempertahankan perhatian pelanggan telah menjadi upaya yang sulit dan kompleks.
Oleh karena itu, sangat penting bagi brand untuk merancang strategi guna menjalin interaksi dengan pelanggan agar tetap relevan.
Channel pengiriman pesan yang ada saat ini memiliki keterbatasan
Di dunia yang serba cepat saat ini, bukan hal yang aneh jika Anda menerima banyak sekali pesan promosi, transaksi, diskon, dan lowongan pekerjaan setiap hari. Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar dari pesan-pesan ini sering kali diabaikan, tidak dibuka, atau bahkan dihapus tanpa tindakan lebih lanjut.
Selain itu, kondisi channel perpesanan saat ini memberikan tantangan yang signifikan bagi bisnis yang ingin terhubung dengan pelanggan mereka dengan cara yang bermakna. Channel perpesanan saat ini,
- Dilengkapi dengan batas maksimum 160 karakter. Memasukkan kata-kata dalam ruang yang terbatas membuat pesan menjadi tidak menarik.
- Bersifat hanya sebagai percakapan satu arah. Pesan yang dikirim saat ini tidak memiliki teknologi atau kemampuan untuk menerima tanggapan, dan konsumen juga tidak dapat menanggapi pesan ini dengan bebas. Tanggapan hanya terbatas pada pesan Ya atau Tidak.
- Tidak ada CTA interaktif. Satu-satunya CTA adalah tautan yang disediakan dalam pesan yang membawa pengguna ke halaman yang diinginkan.
- Tidak memiliki pratinjau tautan atau visibilitas. Pratinjau tautan memberi kita gambaran tentang apa yang diharapkan tanpa harus meninggalkannya. SMS saat ini hanya mengizinkan tautan yang mengarahkan ke halaman yang diinginkan.
Memanfaatkan kekuatan olah pesan dengan RCS
Rich Communication Services atau RCS, yang saat ini tersedia untuk pengguna Android, adalah cara yang lebih menarik untuk berkirim pesan. Fitur-fitur seperti berbagi foto beresolusi tinggi, obrolan grup, membaca tanda terima, dan masih banyak lagi kini dapat dilakukan dengan RCS, yang sebelumnya tidak tersedia melalui saluran perpesanan tradisional.
Lima puluh lima jaringan operator di seluruh dunia saat ini mendukung RCS. Dengan memanfaatkan fitur-fitur interaktif RCS, kami dapat memberikan pengalaman yang kaya dan mendalam yang jauh melampaui apa yang mungkin dilakukan dengan channel SMS standar. Dari pesan yang dipersonalisasi hingga fitur interaktif seperti carousel & tombol, RCS membuka dunia baru dalam hal pemanfaatan yang dapat kami manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
Rich Communication Services (RCS) memberikan kesempatan yang tak terkira bagi para pemasar untuk menawarkan pengalaman yang unggul kepada pelanggan dengan berbagai pilihan dan peningkatan keamanan melalui pesan asli.
Saat ini, brand yang sukses seperti BankBazaar, Subway, EaseMyTrip, dan lain-lain, secara efektif menggunakan RCS untuk meraih dan mempertahankan perhatian pelanggan serta unggul dalam persaingan pesan-pesan pemasaran tradisional.
Dengan bantuan profil terverifikasi yang dihiasi dengan nama dan logo ID pengirim resmi, brand dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan konsumen, menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi dan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui media yang memiliki tampilan menarik.
Integrasi Conversational Marketing dengan pesan RCS telah menghasilkan interaksi yang lebih personal dan menarik dengan pelanggan. Tidak seperti perpesanan satu arah biasa, hal ini memungkinkan percakapan dua arah dengan chatbot interaktif, meningkatkan nilai pengalaman pelanggan dan meningkatkan retensi.
Selain itu, dengan fitur pelacakan kinerja seperti tanda terima yang telah dibaca, pelacakan tindakan, dan analisis percakapan yang mendalam, brand dapat memantau dan meningkatkan strategi keterlibatan mereka, sehingga membedakan mereka dari para kompetitor.
Masa Depan bersama RCS
Di bidang olah pesan, SMS terus mempertahankan keunggulannya, terlepas dari lonjakan aplikasi olah pesan OTT. Meskipun ada sedikit penurunan dalam penggunaan selama beberapa tahun terakhir, SMS masih bertahan sebagai media yang disukai untuk berbagi informasi, iklan, dan pesan.
Patut dicatat bahwa ketika rata-rata aplikasi kehilangan 77% penggunanya secara mengejutkan dalam tiga hari pertama dan 95% dalam 90 hari pertama, SMS mempertahankan 90% penggunanya yang luar biasa bahkan setelah 90 hari. Hal ini menunjukkan potensi yang luar biasa dari RCS sebagai alat komunikasi yang sangat diperlukan.
Prospek untuk pesan RCS sangat baik, karena didukung oleh bukti empiris, yang memprediksi bahwa pasar RCS akan mencatat Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 12,5% dari tahun 2021 hingga 2026. Sebagai platform komunikasi Application-to-Person (A2P), RCS terus menjadi mode komunikasi yang penting, yang semakin penting mengingat pandemi. Karena pasar terus berkembang, brand yang tetap statis dan gagal beradaptasi dengan perubahan kondisi berisiko tertinggal dalam persaingan yang sangat ketat ini.
Kami memahami bagaimana kompleksitas pasar modern yang terjadi sekarang dan dapat menerjemahkannya menjadi solusi real untuk bisnis Anda. Konsultasikan segera dengan team kami dengan scan barcode berikut ini: