3 Strategi Investasi Menjelang Tahun 2023

trading saham, strategi investasi

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Menjelang 2023, gejolak politik global dan dinamika makroekonomi terlihat akan berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan. Konflik AS dan Ukraina, manuver ekonomi dan politik Tiongkok serta keputusan The Fed dalam menanggulangi resesi diprediksi akan menyebabkan volatilitas nilai aset-aset investasi.

Lalu, bagaimana para investor bisa jauh lebih siap menghadapi naik turun perjalanan investasi di tahun 2023?

Belda Marpaung (29) dan Jefry Sihombing (30), Member Pluang Plus, adalah potret pasangan muda yang sedang meniti jalan menuju kemandirian finansial. Sebagai informasi, Pluang Plus merupakan segmen pengguna aplikasi Pluang dengan modal investasi di atas Rp100 Juta.

Maka dari itu, tentunya Belda dan Jefry merupakan investor yang tidak perlu diragukan lagi konsistensi investasinya, ya. Yuk, simak apa saja cara Belda dan Jefry mempersiapkan strategi investasi menjelang 2023.

Meminimalisasi risiko investasi di tahun 2023 dengan pengetahuan analisis pasar dan tren finansial terkini

Sebagai investor yang memiliki preferensi ke aset-aset investasi berisiko rendah, Belda memastikan agar upaya investasinya bisa memiliki risiko yang paling minimum. “Dengan volatilitas pasar yang makin sulit diprediksi, membekali diri dengan informasi pasar yang akurat dan kredibel akan membantu mempersiapkan langkah-langkah taktis untuk menyesuaikan profil risiko investasi di tahun 2023,” ujarnya.

Sebagai inovasi teranyar Pluang dalam menunjang pengalaman berinvestasi, Member Pluang Plus sekarang bisa mengakses fitur eksklusif di aplikasi secara langsung. Salah satu manfaatnya, kini mereka bisa mengakses konten tentang berita dan analisis pasar di Pluang Plus Headlines yang disusun khusus oleh tim analis keuangan berpengalaman Pluang, mitra manajemen investasi dan mitra media. Di Pluang Plus Headlines, para investor mendapatkan informasi-informasi tentang analisis makroekonomi, sinyal pasar, highlight assets dan analisis aset secara mendalam.

Selain Pluang Plus Headlines, tips-tips investasi inspiratif juga bisa diakses di Pluang Plus Inspire, video podcast dimana para pembicara berpengalaman dihadirkan untuk berbagi pengetahuan serta tips terkait investasi dan keuangan.

Amati kesempatan untuk bisa mengoptimalkan imbal balik investasi di tahun 2023 

Tahun 2023 tidak melulu diliputi dengan berita pesimistis untuk investor. Sebaliknya, para investor tetap perlu mempertahankan fleksibilitas dalam mengatur strategi investasinya. Faktor-faktor seperti kebijakan-kebijakan moneter, fiskal, perkembangan laba dan valuasi korporasi juga menentukan seberapa optimal aset-aset yang diinvestasikan.

Berbeda dengan Belda, Jefry memiliki preferensi investasi ke aset-aset yang jauh lebih tinggi risikonya. “Meskipun di awal berinvestasi saya membuat berbagai kesalahan strategi berinvestasi dan mengalami kerugian, bagi saya dan Belda, pengalaman itu menjadi pembelajaran investasi bagi kami kedepannya untuk bisa memitigasi risiko dengan lebih baik.” jelas Jefry.

Dalam rangkaian in-app feature Pluang Plus ini, Pluang juga menyediakan fitur Leverage untuk saham AS yang memungkinkan para member untuk meningkatkan daya belinya tanpa perlu meningkatkan dana investasi. Fitur leverage memberikan kesempatan bagi para investor untuk meraih profit dua kali lipat dengan dana investasi hanya setengah dari total nilai saham yang diinvestasikan.

Meskipun menawarkan optimasi dana investasi, namun para investor juga harus memahami bahwa eksposur risiko yang dimilikinya pun dapat berlipat ganda. Para member bisa mempelajari seputar Leverage dari Pluang Akademi sehingga bisa mempelajari bagaimana leverage bekerja, risiko dari leverage dan strategi mengoptimalkan imbal balik investasi lewat fitur tersebut.

Lengkapi informasi tentang aset investasi pilihan dari pihak yang kredibel

Belda dan Jeffry memprioritaskan pos-pos pengeluaran jangka panjang keluarga seperti tabungan pendidikan dan tabungan pensiun. Mereka tentunya membutuhkan mitra investasi yang bisa dipercaya untuk berdiskusi dan mengenal lebih jauh tentang instrumen investasi yang cocok untuk mencapai tujuan investasinya.

Dengan fitur Chat Room, para investor dapat berkonsultasi tentang aset-aset investasi terkini dengan Relationship Manager dimanapun dan kapanpun dengan mudah.

VP Marketing – CEO Office Pluang Yosua Tanuwiria mengatakan, dibalik ketidakpastian kondisi makroekonomi global, tahun 2023 masih membawa optimisme dan dapat menjadi momentum bagi para investor menavigasi fokus investasinya.

“Kami membuat inovasi fitur-fitur aplikasi bagi member Pluang Plus ini eksklusif untuk meningkatkan pengalaman investasi yang jauh lebih cerdas, aman dan optimal,“ tutup Yosua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here