Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

93% Responden Gunakan e-Wallet Sambut Tahun Baru Imlek

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Berdasarkan riset online berskala nasional yang diadakan oleh Neurosensum, perusahaan jasa konsultasi solusi riset neuroscience, animo masyarakat Indonesia untuk bertransaksi online menjelang Tahun Baru Imlek meningkat sebesar 93% dibandingkan dengan tahun lalu.

Perlu dicatat, Tahun Baru Imlek tahun lalu jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, 2 bulan sebelum konfirmasi kasus Covid-19 pertama di Indonesia. Hal ini menjadikan perayaan tahun ini sebagai perayaan Imlek perdana di tengah kondisi pandemi Covid-19.

e-Wallet

Grafis riset digital dengan topik berfokus pada penggunaan e-wallet

Semenjak bulan April 2020, akselerasi transaksi digital melonjak berkali lipat dikarenakan lockdown berskala nasional demi menekan angka penularan virus Covid-19. Mulai dari belanja secara online di platform e-commerce, jasa ojol, hingga dompet digital, digunakandemi kemudahan kebutuhan sehari-hari.

Mahesh Agarwal, Managing Director Neurosensum Indonesia, menjelaskan sebagai perusahaan riset konsumen berbasis neuroscience dan A.I., analisa menyeluruh dan terpadu berskala nasional merupakan salah satu kunci pembelajaran yang berkesinambungan dan bernilai lebih.

Baca juga: Riset Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

“Hasil data riset tersebut bermanfaat untuk ditelaah dan dipelajari lebih lanjut demi menyempurnakan pengetahuan akan tren perilaku konsumen di dalam peta industri luas, terutama dalam masa-masa kompleks seperti sekarang ini,” tandas Mahesh.

Neurosensum merupakan perusahaan riset yang berdiri pada Februari 2018 – mengandalkan neurosience dan kecerdasan buatan (A.I.) dengan tujuan untuk memahami respons bawah sadar konsumen dengan inovasi canggih berbasis teknologi mutakhir yang cerdas dan intuitif seperti EEG, Virtual Reality, Eye Tracking, aplikasi Reaction Time, Facial Coding, dan masih banyak lagi.

Menyambut tahun 2021 Neurosensum mengadakan riset digital dengan topik berfokus pada penggunaan e-wallet terhadap 1.000 responden berusia produktif (19-45 tahun) secara serentak di 8 kota besar di Indonesia, yaitu meliputi kawasan Jabodetabek, kota besar di Pulau Jawa, serta kota besar lainnya di Indonesia.

Sebanyak 50% responden telah berkeluarga, dan 50% sedang tidak dalam status berkeluarga. Mayoritas penghasilan para peserta tergolong dalam kategori ekonomi sosial berkelas low to middle.

Salah satu topik yang dikupas Neurosensum mengenai Hari Raya Imlek. Dari hasil riset tersebut, sekitar 61% responden mengatakan pada Hari Raya Imlek tahun ini, mereka akan makan bersama keluarga mereka. Kemudian, 58% responden akan merayakan dengan cara mengunjungi sanak saudara. Lalu, 49% responden mengungkapkan, bahwa perayaan akan diisi dengan mengunjungi tempat wisata bernuansa perayaan Imlek.

Silaturahmi saling mengunjungi keluarga, sanak saudara, dan sahabat menjadi tradisi yang terbatas tahun ini, tetapi tradisi pemberian angpao (amplop merah) tetap menjadi salah satu keunikan perayaan yang dilestarikan. 38% responden mengatakan, mereka akan menggunakan uang tunai sebagai bentuk tanda pemberian angpao. Lalu 50% menggunakan e-wallet sebagai sarana pemberian angpao. Hal ini menunjukkan, bahwa masyarakat yang merayakan Imlek pun sudah cukup fasih dalam mengerti fitur dan kemudahan e-wallet dalam bertransaksi sehari-hari.

Baca juga: ShopeePay Rajai Pasar e-Wallet Indonesia?

Meskipun kurang dari 20% dari responden yang merayakan Tahun Baru Imlek, sekitar 93% dari total keseluruhan responden (baik yang merayakan maupun yang tidak merayakan Imlek) mengatakan bahwa mereka menanti-nantikan akan berbelanja di platform e-commerce favorit jika ada promosi khusus.

Mengenai ukuran basket size, 32% merencanakan budget yang sama dengan tahun lalu, tapi 52% mencoba untuk menekan budget perayaan Imlek lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu, oleh karena itu promo di e-commerce favorit tetap menjadi incaran ampuh pada bulan ini.

Kategori yang masih jadi incaran belanja Tahun Baru Imlek antara lain baju dan produk fesyen (86%), produk kecantikan (80%), dan sepatu (70%). Yang tak kalah menarik, terdapat beberapa pos pengeluaran yang besaran anggarannya masih sama dengan tahun lalu seperti donasi, belanja keluarga, dan makan-makan bersama keluarga.

“Kami kagum akan kefasihan, pemahaman,serta adaptasi digital masyarakat Indonesia yang mantap. Pengadopsian gaya hidup mobile cashless, terutama e-wallet seperti ShopeePay, semakin nyata dalam menggantikan peran utama uang tunai dalam kehidupan sehari-hari yang dinamis. Satu hal yang pasti, yaitu pentingnya edukasi berkesinambungan dan terpadu agar tercapainya financial literacy & inclusivity guna membuka cakrawala masyarakat akan ragam manfaat bernilai darie-wallet dalam memudahkan kegiatan sehari-hari,” tutup Mahesh.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top