Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

9 Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang New iTunes

Apple mengumumkan iCloud, yaitu sebuah online storage dan layanan sinkronisasi untuk musik, foto, files dan software. Meskipun saat ini tidak semua fitur tersedia namun Anda sudah bisa memakai ‘iTunes in the Cloud Beta’ jika Anda terlebih dahulu update ke iTunes 10.3.1.

Ada sejumlah hal penting yang perlu Anda tahu tentang new iTunes tersebut. Berikut panduannya:

1. Apa itu ‘iTunes in the Cloud Beta’?
Layanan untuk menyimpan semua file yang telah Anda beli di iTunes Store sehingga Anda bisa mengaksesnya di sembarang komputer dan iDevices.

2. Bukankah hal tersebut hanya bisa terjadi saat sync iOS device dengan komputer?
Ya, tapi sekarang Anda tidak perlu mengkoneksikan apapun secara fisik. Sebagai contoh, saat Anda membeli sebuah lagu maka iPhone secara otomatis akan mengesetnya sehingga lagu tersebut bisa muncul di iTunes Library yang ada di Mac di rumah Anda, di iPad juga di PC. Dengan kata lain Anda tidak perlu sinkronisasi dari satu device ke device lain.

3. Berapa banyak device yang bisa terkoneksi? Bagaimana Apple tahu device mana yang dipakai untuk mendapatkan musik?
Anda punya AppleID, bukan? Itulah yang akan berfungsi sebagai link dan mengkoneksikan device yang Anda miliki. Semua device yang Anda set dengan AppleID bisa digunakan untuk download lagu yang telah Anda beli menggunakan device lain.

4. Bagaimana cara melakukannya? Dimana bisa menemukan fitur tersebut?
Anda bisa menggunakan Mac atau PC, bukalah iTunes, lalu buka bagian ‘Purchased’ yang ada di kolom sebelah kiri. Klik di situ lalu lihatlah di bagian sudut kanan bawah, Anda akan menemukan ‘Download Previous Purchases’.

Window yang terbuka menunjukkan 2 tampilan: ‘All’  dan ‘Not In My Library’. Anda bisa memilih menggunakan button yang ada di sudut kanan atas. Semua file yang telah Anda beli menggunakan device lain akan terlihat beserta ikon cloud kecil di sebelahnya. Klik pada cloud tersebut untuk memulai proses download.

Jika Anda menggunakan iPhone atau mobile device lain buatan Apple, Anda bisa menemukan fitur tersebut di iTunes App. Bukalah menu ‘Purchased’ dan proses selanjutnya sama dengan di Mac atau PC.

5. Apakah harus dilakukan secara manual setiap saat?
Anda bisa mengeset download otomatis sehingga Anda tidak perlu mengatur harus diletakkan dimana musik yang akan Anda download. Setiap device memiliki kemampuan untuk mendapatkan copy dari file yang Anda beli di iTunes Stores menggunakan device lain. Hal seperti itu tidak hanya berlaku untuk musik namun aplikasi dan books juga bisa didistribusikan menggunakan metode yang sama. Sebagai contoh, belilah sebuah lagu dari iTunes melalui iPhone maka lagu itu akan muncul di device lain hanya dalam waktu beberapa menit setelahnya.

6. Bagaimana dengan movies dan TV shows?
Belum ada. Hal tersebut masih dalam pembicaraan dengan para pengelola studio film, Apple dan para pengacaranya.

7. Bagaimana cara mengeset Automatic Downloads?
Di Apple mobile device Anda bisa mengaturnya di Setting. Buka ‘Store’ dan disitulah Anda bisa mengesetnya. Anda bisa mengatur download limit baik untuk lagu, aplikasi dan buku. Anda juga bisa mengeset iPhone/iPad/iPod Touch agar bisa menerima semua konten. Automatic Downloads menggunakan sinyal WiFi namun Anda bisa mengeset kontrol agar menggunakan 3G jika tidak tersedia WiFi.

Di Mac/PC Anda bisa menemukan kontrol tersebut di preferences di bawah ‘Store’. Dari situ, prosesnya sama dengan cara pengesetan menggunakan Apple mobile device.

8. Bagaimana jika ingin menambahkan musik ke iTunes tapi musik itu tidak dibeli di iTunes Stores? Apakah juga bisa terkirim ke device lain?
Belum bisa. Saat ini fitur iCloud hanya berlaku untuk konten yang dibeli di iTunes Stores. Nanti di musim gugur (Sep-Nov) Apple akan menambahkan layanan baru yang disebut iTunes Match. Fitur itu memungkinkan Anda untuk share semua musik baik yang dibeli dari Apple, CD ripped atau dibeli dari sumber lain seperti Amazon MP3. Share tersebut bisa dilakukan ke smua device yang Anda miliki dengan biaya abonemen $25/tahun.

9. Kesimpulannya, tidak perlu lagi sinkronisasi?
Masih perlu. Meski Anda bisa terkoneksi tanpa kabel menggunakan layanan iCloud namun untuk sinc foto, backup contacts dan calendar data, mendapatkan software update, dll, masih diperlukan sonkronisasi dengan komputer. Akhir tahun nanti Apple akan rilis lebih banyak lagi fitur iCloud. (Sumber: Gopego.com)

Click to comment

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top