Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

9 Hal Penting untuk Strategi Marketing yang Efektif

Marketing – Saat memiliki sebuah usaha, pelanggan adalah salah satu aspek yang terpenting untuk dapat mengembangkan usaha maupun bisnis tersebut. Keikutsertaan pelanggan ini tentu juga dapat menjadi sebuah hal yang penting terutama dari segi strategi marketing. Perlu diingat bahwa apabila pelanggan dapat terlibat dalam usaha maupun bisnis tersebut, tentu mereka merasa akan percaya dan mereka juga akan menjadi loyal untuk terus memilih usaha kamu dibandingkan yang lainnya.

Untuk membangun strategi marketing yang baik tidak hanya itu. Perkembangan dunia usaha maupun bisnis yang terus terbuka membuat banyaknya ide-ide serta cara-cara untuk mempromosikan produk mereka. Karenanya, berikut delapan hal penting untuk membuat strategi promosi serta pemasaran yang baik pada usahamu:

Fokus dengan Solusi

Para pelanggan tentu setuju dengan poin ini. Jika kamu sebagai pengusaha maupun pebisnis memiliki sebuah produk maupun jasa yang dapat memecahkan permasalahan dari pelanggan artinya separuh dari pekerjaan pemasaran yang kamu lakukan berhasil. Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapatkan perhatian yang paling utama. 

Sesuaikan target pasar yang pelanggan mau dan tentunya yang membuat mereka tertarik untuk melihatnya. Lalu, tawarkan kepada mereka melalui produk atau jasa milikmu dengan pesan “ini adalah solusi dari permasalahan itu”, pesan seperti itu tentu akan mendapatkan perhatian lebih.

Memiliki Tujuan Pada Target Pasar

Apabila pemasaran yang dilakukan tidak mencapai target yang sudah kita tentukan, maka tentu dapat membuat biaya yang sudah dilakukan sia-sia. Karena itu kegiatan pemasaran ini harus mencapai target yang benar dan sesuai. Kunci utamanya adalah untuk memberikan target pasar yang menarik dan disukai oleh pelanggan.

Jika kamu merupakan seseorang yang menyukai dan tertarik pada musik dangdut, berita tentang musik r&b tentu tidak akan menarik perhatianmu. Apabila kamu menyediakan berita mengenai musik dangdut atau koplo tentu ini akan menarik perhatian mereka.

Memiliki Pesan yang Jelas

Grafis memang dapat diartikan sebagai alat untuk dapat memberikan informasi dengan lebih baik dan mudah diterima. Namun, jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar tanpa adanya pesan yang disampaikan. Salah satu strategi yang baik adalah dengan memberikan gambar yang menarik serta ditambahkan dengan pesan yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pelanggan. 

Marketing Mix

Marketing Mix merupakan strategi yang menggunakan variabel-variabel penting untuk pemasarannya. Dasar dari Marketing Mix ini ada 4 yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Seiring perkembangan, kini memiliki tambahan 3 variabel yaitu People, Process dan Physical Evidence.

  • Product (Produk)

Tidak hanya bentuk dari produk yang ditawarkan, namun termasuk di dalamnya adalah teknologi serta kemasan (packaging) yang membalut produk tersebut.

  • Price (Harga)

Harga adalah variabel Marketing Mix yang cukup fleksibel, karena dapat menyesuaikan kondisi pasar, baik dari kondisi penawaran maupun adanya permintaan pasar.

  • Place (Tempat)

Untuk dapat mengoptimalkan sebuah usaha atau bisnis adalah dengan menentukan lokasi yang sesuai, namun tidak hanya dengan menentukan lokasi yang sesuai seiring perkembangan zaman kamu juga dapat memilih tempat yang sesuai dengan memanfaatkan toko online. 

  • Promotion (Promosi)

Proses promosi produk ini dapat dilakukan melalui banyak cara seperti melalui advertising baik itu konvensional, digital, door to door selling, sales promotion dan lainnya.

  • People (Orang)

Semua orang yang terlibat dalam proses produksi hingga memberikan pelayanan terhadap konsumen.

  • Process (Proses)

Proses merupakan kegiatan yang terintegrasi mulai dari produksi, distribusi hingga penerimaan produk oleh konsumen. Ini juga termasuk proses pelayanan mulai dari penawaran penjualan hingga layanan purna jualnya.

  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

Pada era digital seperti sekarang, banyak yang menampilkan bukti fisik produk selain itu bentuk fisik secara riil. Namun, di era seperti sekarang pebisnis biasanya lebih memilih untuk menampilkan produknya melalui website dengan memberikan contoh tampilan atau simulasi penggunaan dari produk.

Gunakan Strategi Promosi yang Saling Berkaitan

Cara yang satu ini memang sedang populer saat ini. Strategi promosi yang saling berkaitan ini seperti informasi yang dapat diberikan sebagai insentif untuk kontak baru. Kaitan yang kita buat ini dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif.

Kaitan yang dimaksud ini contohnya seperti: “Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan hadiah yang menarik” atau “kunjungi toko kami untuk mendapatkan vas gratis spesial di hari ibu” semua keterkaitan tersebut akan bernilai lebih dimata pelanggan dan tentunya juga lebih berpotensi menarik mereka untuk akhirnya menggunakan produk atau jasa.

Konten yang Menarik dan Optimalkan dengan SEO (Search Engine Optimization)

Di era digital seperti sekarang banyak orang yang mulai mencari segala bentuk informasi tentu melalui internet. Saat mencari informasi inilah mereka biasanya melihat informasi yang berbentuk artikel atau gambar tergantung dari cara informasi tersebut dikemas. Biasanya pemasaran melalui konten inilah yang sekarang sering sekali digunakan oleh perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun besar. 

Agar konten yang dikemas dapat memiliki kualitas yang baik dan mampu mendatangkan konsumen melalui informasi yang diberikannya, maka perusahaan atau bisnis tersebut harus mencari orang yang benar-benar kompeten dalam bidang ini. Setelah membuat konten pastikan konten tersebut sudah di optimasi menggunakan SEO.

Konsisten

Ketika semua strategi sudah disusun dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan semuanya secara lebih konsisten. Konsisten dan fokus terhadap produk dan target pasar adalah hal yang cukup penting perannya dalam menentukan arah usaha maupun bisnis kedepannya.

Lakukan Evaluasi

Setelah menjalankan strategi bisnis maupun usaha tersebut, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah kita terapkan. Evaluasi ini juga harus dilakukan secara konsisten dan berkala. Dengan adanya evaluasi ini, kita dapat mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan masih relevan dengan target bisnis kita atau tidak. Salah satu variabel yang dapat digunakan untuk melihat strategi pemasaran yang dilakukan masih valid atau tidak adalah dari laporan bisnisnya.

Tentukan Budget

Setelah Anda menentukan semua poin di atas, hal selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah menentukan budget yang sesuai dengan perusahaan. Untuk mempermudah Anda dalam menentukan budget marketing, Anda bisa dengan mudah membuat anggaran melalui software akuntansi online Jurnal. Dengan software ini, Anda bisa menentukan budget secara tepat sesuai dengan kondisi perusahaan. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top