Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

9 Cara Menjadi Sales yang Sukses

Marketing.co.id – Berita UMKM | Beberapa pelatihan sales dan pengalaman di tempat kerja sebelumnya dapat menyempurnakan keterampilan Anda dalam menjual dan menguasai seni menjadi sales yang menarik, kredibel dan sukses. Dan, ini sangat penting bagi Anda para pemilik bisnis kecil.

Baca Juga: Mengembangkan Tim Penjualan Secara mental

Jika bisnis masih dalam tahap awal, atau baru mulai, Anda adalah satu-satunya orang yang berbicara dengan pelanggan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, untuk membantu Anda berikut beberapa hal yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang sales yang pintar.

Pelajari cara mendengarkan

Memang, sales yang sukses juga merupkan seorang komunikator yang baik. Namun, namanya komunikasi adalah proses dua arah, kan? Sales terbaik adalah yang pandai mendengarkan. Dengan Anda membangun ‘listening muscle’ dan mendengarkan kebutuhan, kekhawatiran, serta keinginan calon pelanggan, Anda akan dapat menghilangkan semua kekhawatiran calon pelanggan dan mencapai tujuan dan kesuksesan yang lebih besar. Baca Juga: Selamat Datang di Era Salespreneur

Tunjukkan antusiasme, motivasi dan ambisi untuk sukses

Tetap termotivasi adalah salah satu tantangan utama yang harus dihadapi dari lingkungan sales. Sales yang sukses percaya pada apa yang mereka lakukan dan selalu termotivasi, antusias dan memiliki ambisi untuk sukses. Mempertahankan motivasi adalah komponen penting dari kesuksesan seorang sales.

Memiliki strategi penjualan

Daripada hanya menelepon dan mencoba menjual secara membabi buta kepada calon pelanggan yang hanya akan membuat Anda lelah dan kecewa karena hanya sedikit yang mencapai goal. Lebih baik Anda membuat sebuah strategi penjualan yang komprehensif dan efektif. Strategi ini harus mencakup  tentang menentukan target pasar, mengetahui pertanyaan mana yang akan diajukan calon pelanggan, menyampaikan sesuatu yang pasti akan Anda lakukan, memantau seberapa baik penjualan bekerja dan mengulang hal yang sama setiap Anda akan melakukan penjualan. Baca Juga: Cari Tahu Di Sini, Apakah karir Sales Cocok untuk Saya?

Multitasking

Anda harus ingat bahwa sales bukanlah pekerjaan tunggal. Untuk unggul dalam dunia sales yang kejam, Anda harus mahir dalam banyak hal (multitasking). Mampu memproses pekerjaan yang berbeda tanpa melupakan yang sudah diprioritaskan adalah salah satu aspek penjualan yang tak boleh diabaikan.

Jujur

Sales yang sukses adalah mereka yang jujur dan sadar akan perangkap ketidakjujuran. Dengan bersikap jujur dan mengutamakan kepentingan calon pelanggan, Anda akan dipandang sebagai seorang sales yang jujur dan dorongan tulus Anda akan memengaruhi calon pelanggan. Sebaliknya, ketidakjujuran mungkin akan membuat Anda ‘cepat menang’, namun dalam jangka panjang Anda tidak mungkin direkomendasikan orang lain. Baca Juga: Masihkah Peran Salesman Dibutuhkan?

Hindari terlalu memaksa

Citra buruk dari seorang sales adalah mereka terlalu memaksa, menjengkelkan, dan tidak mengerti kata tidak. Karena tidak ada orang yang suka berurusan dengan sales yang terlalu memaksa, penting untuk mengetahui batasan Anda dalam hal menjual produk atau layanan.

Mengadaptasi teknik tertentu seperti menghilangkan tekanan dari penjualan, meluangkan waktu selama proses penjualan, membiarkan calon pelanggan berbicara dan fokus pada masalah dan kekhawatiran mereka, akan membantu Anda mengikat hubungan yang lebih dalam dengan calon pelanggan dan menciptakan lingkungan penjualan yang positif untuk membantu Anda menjual dengan kesuksesan yang lebih besar. Baca Juga: Bagaimana Agar Kunjungan Sales Anda Lebih Berhasil?

Tunjukkan Empati

Penjual yang sukses tahu bagaimana merasakan apa yang dirasakan calon pelanggan mereka. Faktanya, empati adalah sifat penting untuk setiap bisnis. Menunjukkan sikap empati dalam penjualan adalah cara yang efektif untuk mengantisipasi apa yang mereka inginkan.

Jangan remehkan kekuatan jaringan

Jaringan adalah salah satu alat pencarian calon pelanggan yang paling efektif. Sales yang sukses tidak takut untuk muncul di acara-acara jaringan, terlibat dengan komunitas atau calon pelanggan, dan mengenal orang-orang baru untuk meningkatkan kesadaran tentang merek dan produk atau layanan yang ditawarkan. Baca Juga: Sales Hybrid, Ahli Jualan Online dan Offline

Jadilah komunikator yang baik

Menjadi komunikator yang baik adalah keterampilan yang wajib dikuasai oleh setiap sales yang sukses. Tidak ada kata terlambat untuk menyempurnakan keterampilan komunikasi Anda, baik lisan maupun dan tulisan. Memulai latihan komunikasi bisa menjadi investasi yang sangat berharga dalam membantu Anda menjadi lebih ahli dan sukses dalam menjual. (SBT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top