8 Tren Komunikasi Tahun 2012

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Pergantian tahun sudah di depan mata. Seperti biasa segala macam ramalan dan prediksi tren soal macam-macam hal dibuat. Mulai dari ramalan kehidupan percintaan, bisnis, hingga tren fashion dan tren seputar ekonomi dan pasar modal. Kurang afdol rasanya kalau bidang komunikasi tidak ikut mengeluarkan tren. Berikut ini delapan hal yang akan menjadi tren tahun depan seputar dunia komunikasi dan public relations.

Laporan kepada Stakeholder

Keberhasilan atau kegagalan perusahaan umumnya hanya dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti dewan komisaris atau para pemegang saham. Namun, di beberapa negara seperti Australia laporan tidak hanya diberikan kepada mereka. Hasil yang diperoleh perusahaan juga dilaporkan kepada para karyawan, pelanggan, termasuk kepada orang-orang yang punya kemampuan mempengaruhi opini publik. Hal ini tampaknya akan menjadi tren tahun depan, terutama ketika brand awareness telah menjadi bagian yang diperhitungkan dalam neraca keuangan.

Konvergensi TV Sosial

Ada hal menarik dari aplikasi-aplikas yang ada saat ini. Mungkin Anda pernah dengan tentang aplikasi Get Glue. Dengan aplikasi ini Anda dapat “check in” dalam sebuah program televisi dan berincang-bincang dengan orang-orang di seluruh dunia yang sedang menonton program yang sama. Hal ini memungkinkan kita mengulas sebuah program, membicarakan tentang hal yang terjadi seputar program tersebut, serta mendengarkan pembicaraan orang-orang. Hal ini juga berlaku untuk music dan film. Jika benar proyek terakhir Steve Jobs sebelum ia mangkat adalah iTV, maka hal ini akan jadi sangat populer tahun depan. Siap-siap saja.

Integrasi Semua Bidang

Integrasi akan menjadi kata kunci sekaligus hal yang sangat krusial tahun depan. Saat ini kita bicara tentang mobile, sosial, marketing, public relations, iklan, direct mail, surel, customer service, dan sales seperti masing-masing bekerja dalam silo. Pada tahun 2012 hal ini harus diintegrasikan. Customer service tidak bisa bekerja tanpa kita bicara soal sales. Sales membutuhkan public relations. Dan mobile tidak bisa hidup tanpa marketing. Kita akan melihat bidang-bidang ini bekerja sama seperti mereka berada dalam satu lingkaran, dan bukan di dalam silo.

Hasil = Jumlah Rupiah

Jika tidak mengukur hasil dalam ukuran rupiah, maka Anda akan kehilangan pekerjaan tahun depan. Anda sepertinya perlu belajar tentang marketing, manajemen produk, dan akuntansi dasar agar dapat melakukan hal tersebut dengan efektif.

Email Marketing

Meski terdengar usang, tapi email marketing akan tetap efektif digunakan tahun depan. Memang surel bukan mainan baru yang berkilau layaknya media sosial. Malah surel terdengar oldies. Tapi hal tersebut masih tetap efektif. Hampir semua orang menggunakan surel saat ini, dan belum semua orang menggunakan jejaring sosial. Jadi, ya, email marketing masih akan menjadi tren tahun depan.

Sistem Pembayaran yang lebih Mudah

Tahun depan urusan bayar membayar akan lebih mudah dan cepat. Apple Store misalnya. Mereka telah memiliki aplikasi pembayaran yang membuat orang tidak perlu antri di kasir. Hal yang perlu dilakukan hanya mengunduh Apple app, memindai bar code, dan total pembelian pun akan keluar. Tagihan tersebut akan ditagihkan melalui akun iTunes dan Apple akan mengirimkan struk pembayaran Anda melalui surel. Mudah dan cepat. Hal serupa juga telah dilakukan di Starbucks. Tahun depan kemudahan-kemudahan semacam ini akan lebih sering kita jumpai.

Jejaring Sosial Baru

Kita sepertinya telah memiliki cukup banyak situs jejaring sosial. Namun, mereka masih akan terus bermunculan tahun depan. Beberapa di antaranya akan cukup menarik. Misalnya saja platform yang dimiliki Pinterest. Platform ini bertujuan untuk mendorong penjualan. Samuel Gordon Jewelers telah menggunakannya dan merilis kontes Pinterest pertama mereka yang bertajuk “Pin to Win”. Keberhasilannya tentu masih harus diuji, namun kita akan melihat bagaimana pemilik merek memanfaatkan hal ini dan jejaring baru yang akan muncul tahun depan.

Cetak Bergeser ke Tablet

Tahun depan produk cetak sepertinya akan bergeser ke tablet. Misalnya saja katalog-katalog yang semula dicetak, tahun depan akan berubah ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan di tablet PC Anda. Hal ini tentu akan lebih ramah lingkungan karena itu berarti akan mengurangi pemakaian kertas. (Sekar Ayu/www.prdaily.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here