Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

8 HRIS Software yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Marketing.co.id – Berita Digital | Belakangan ini, banyak perusahaan di Indonesia yang ‘sibuk’ mencari HRIS software guna menunjang pengelolaan bisnis yang lebih baik dan cepat. Tidak sedikit juga perusahaan yang membandingkan HRIS software satu dengan lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Nah, di dalam artikel kami akan membagikan sejumlah HRIS software yang paling banyak dicari perusahaan Indonesia dan dunia.

Human Resource Information System software atau juga disebut aplikasi HRIS adalah suatu sistem teknologi yang berguna untuk mengelola administrasi sumber daya manusia di dalam perusahaan. Perusahaan yang menggunakan aplikasi ini dijamin bisa lebih gampang, cepat dan akurat dalam melakukan pengelolaan SDM.

Seperti diketahui, pekerjaan administrasi sumber daya manusia di dalam perusahaan sangatlah kompleks. Mulai dari absensi, pengajuan cuti, pengelolaan gaji, pengelolaan reimbursement dan lainnya. Pekerjaan administrasi ini akan menjadi semakin kompleks seiring perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Coba bayangkan, pekerjaan administrasi yang biasanya di-handle HRD itu dilakukan dengan cara manual. Tentunya, hal itu tidak lagi direkomendasikan di era teknologi saat ini karena membuang-buang waktu, tenaga bahkan anggaran perusahaan.

Alasan itulah yang membuat perusahaan-perusahaan besar memilih untuk menggunakan HRIS software. Jika perusahaan Anda belum menggunakan aplikasi HRIS, maka segeralah untuk melakukan ‘migrasi’. Berikut kami bagikan rekomendasi aplikasi HRIS terbaik di tahun ini.

HRIS Software Paling Banyak Dicari Perusahaan

Sedikitnya ada delapan HRIS software yang paling banyak dicari perusahaan Indonesia dan dunia, di antaranya:

  1. Talenta by Mekari, HRIS Software Terbaik di Indonesia

Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang mengenal dan menggunakan HRIS software Talenta by Mekari. Hal ini tidak terlepas dari ragam fitur mumpuni yang ditawarkannya seperti fitur payroll, fitur absensi mobile, fitur manajemen waktu, dan fitur database karyawan.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak fitur-fitur yang bisa membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan administrasi human resource. Perlu diketahui juga kalau aplikasi HRIS Talenta by Mekari telah mengadopsi teknologi cloud yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan penyimpanan data. Bagaimana, Anda tertarik menggunakan aplikasi HRIS terbaik di Indonesia bernama Talenta by Mekari ini?

  1. Paycor

Aplikasi HRIS terbaik yang kedua adalah Paycor. Paycor juga dapat membantu dan memudahkan pekerjaan HRD perusahaan dalam melakukan pengelolaan administrasi HR. Ragam fitur yang ditawarkannya memungkinkan perusahaan mengintegrasikan sistem absensi karyawan dengan sistem payroll. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap proses pembayaran payroll yang semakin mudah, cepat dan akurat.

Tidak saja itu, aplikasi HRIS Paycor juga terkenal dengan salah satu fiturnya yang dapat membantu dan memudahkan perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru. Ya, perusahaan dapat menentukan kandidat terbaik yang cocok menduduki posisi yang dibutuhkan. Sehingga, proses rekrutmen karyawan baru dapat dilakukan dengan cepat.

Tidak heran jika hingga saat ini Paycor ‘digandrungi’ banyak perusahaan-perusahaan besar layaknya Talenta by Mekari. Banyak perusahaan yang mengakui ‘kehebatan’ Paycor dalam hal pengelolaan administrasi HR, yang mana pada ujungnya produktivitas perusahaan terus meningkat.

  1. Deskera

Software HRIS yang paling banyak dicari perusahaan ketiga adalah Deskera. Software HRIS ini diketahui berasal dari negara berjuluk Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Performa Deskera sangat bisa diandalkan dalam hal pengelolaan informasi terkait SDM perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari ragam fitur yang disediakan, yang mana mampu memudahkan pekerjaan HRD secara keseluruhan.

Salah satu fitur unggulan Deskera adalah absensi karyawan. Tidak jauh berbeda dengan fitur yang dimiliki Talenta by Mekari, fitur absensi Deskera juga memungkinkan karyawan melakukan absensi dengan cepat dan mudah via perangkat mobile. Sehingga, mereka dapat memiliki lebih banyak waktu untuk hal-hal yang produktif. Di sisi lain, pihak HRD juga dimudahkan dalam hal pemantauan absensi karyawan hanya melalui perangkat mobile-nya.

Fitur unggulan Deskera lainnya adalah pembayaran payroll otomatis. Fitur ini memungkinkan perusahaan melakukan proses pembayaran payroll kepada seluruh karyawan secara cepat dan akurat di setiap bulannya.

Menariknya, aplikasi HRIS Deskera  juga menyediakan fitur penghitungan penjualan dan kontrol kinerja karyawan. Kedua hal itu sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui seberapa produktif performa bisnis dan sumber daya manusia yang dimilikinya sejauh ini.

Sehingga, jika ada hal-hal yang dinilai memberikan dampak buruk bagi perusahaan dapat dibenahi dengan segera. Sementara hal-hal yang dinilai memberikan dampak baik bagi perusahaan dapat ditingkatkan agar perusahaan konsisten mengalami perkembangan yang signifikan.

  1. Namely

Masih dari negeri Paman Sam, Namely juga menjadi aplikasi HRIS yang banyak diburu perusahaan. Tidak saja terkenal di Amerika Serikat, Namely ternyata mampu memikat hati perusahaan-perusahaan besar di luar Amerika Serikat. Hal ini dapat dijadikan bukti kualitas aplikasi HRIS ini tidak perlu diperdebatkan lagi.

Dengan bantuan fitur-fitur mumpuni yang tersemat dalam Namely, perusahaan dapat lebih mudah mengatur dan mengelola hal-hal yang berkaitan dengan human resource. Mulai dari absensi karyawan, gaji bulanan, reimbursement hingga inputan data diri karyawan.

Perusahaan juga memungkinkan dapat ‘mengintip’ performa seluruh karyawannya dengan mudah. Hal ini penting dilakukan guna menentukan peningkatan jabatan bagi karyawan yang secara konsisten menunjukkan performa kerja yang profesionalitas dan produktif.

  1. WebHR

Tak dimungkiri WebHR hingga kini menjadi salah satu HRIS software yang paling ‘diburu’ perusahaan-perusahaan besar di dunia. Ya, hingga kini tercatat lebih dari 25 ribu penggunanya tersebar dari berbagai negara.

WebHR memang menawarkan fitur-fitur canggih yang dapat membantu pekerjaan HRD perusahaan agar makin optimal dan cepat. Salah satu fitur yang diandalkan adalah absensi karyawan. Dengan adanya fitur ini, hal-hal yang berkaitan dengan kehadiran karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu, fitur absensi karyawan juga telah terintegrasi dengan fitur payroll. Sehingga, perusahaan dapat melakukan proses pembayaran payroll setiap bulannya dengan cepat dan akurat. Pekerjaan tim keuangan perusahaan jadi lebih ringan deh!

  1. SAP Success Factors

Seperti namanya, aplikasi HRIS SAP Success Factors ‘siap’ mengantarkan perusahaan mencapai kesuksesannya. Memang, ada banyak faktor yang harus diperhatikan perusahaan untuk mencapai kesuksesan, namun pengelolaan administrasi HR harus mendapatkan prioritas utama. Mengingat, HR erat kaitannya dengan produktivitas perusahaan.

Tidak berbeda dengan HRIS software pada umumnya, SAP Success Factors memiliki perananan membantu perusahaan dalam mengelola data dan informasi karyawan melalui sistem yang terbangun apik. Bukan saja terbangun apik, melainkan juga terintegrasi satu sama lain sehingga pengelolaan data dan informasi karyawan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

SAP Success Factors tidak hanya menawarkan kemudahan absensi karyawan berikut proses penggajiannya di setiap bulan, melainkan juga menawarkan kemudahan dalam memantau potensi dan kinerja karyawan. Seperti diketahui, pemantauan kinerja karyawan perlu dilakukan untuk mengetahui mana karyawan yang menunjukkan performa apik dan kurang apik. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan cepat dan akurat mengambil tindakan dalam menyikapi performa karyawannya itu.

Di sisi lain, pemantauan kinerja karyawan juga berguna untuk merencanakan proyek atau program yang cocok untuk dikerjakan olehnya. Lebih lanjut, perencanaan jenjang karier juga membutuhkan pemantauan kinerja karyawan lho. Inilah mengapa perusahaan mestinya sadar akan pentingnya penggunaan aplikasi HRIS yang berkualitas.

  1. HRIS Hr.my

HRIS Hr.my juga dapat dikatakan sebagai aplikasi HRIS yang sangat mumpuni, yang (juga) banyak dicari perusahaan-perusahaan besar. Aplikasi ini terbukti mampu memberikan solusi terbaik untuk pekerjaan HRD perusahaan. Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan kehadiran karyawan, penggajian, reimbursement hingga jenjang karir.

Menariknya, Hr.my juga telah disokong fitur berbagai dokumen. Fitur ini penting bagi perusahaan untuk memudahkan dalam mengomunikasikan hal-hal tertentu kepada para karyawan maupun atasan secara cepat. Jelasnya, dijamin deh, perusahaan yang menggunakan aplikasi Hr.my bakal lebih mudah, ringan, cepat dan akurat serta fleksibel dalam mengelola administrasi HR.

  1. Orangehrm

Terakhir, ada Orangehrm yang berasal dari Amerika Serikat. Orangehrm telah banyak digunakan oleh korporasi-korporasi besar maupun startup dari sejumlah negara karena terbukti mampu memberikan kemudahan, keakuratan dan kecepatan dalam pengelolaan human resource.

Satu hal yang paling diunggulkan oleh Orangehrm adalah fitur modular. Singkatnya, fitur modular dapat digunakan untuk ragam kepentingan secara spesifik. Antara lain seperti modul pembayaran payroll, pemantauan sekaligus penilaian performa karyawan, penugasan karyawan dan lainnya.

Maka, perusahaan yang menggunakan aplikasi HRIS Orangehrm dapat melakukan klasifikasi berbagai kepentingan secara optimal. Tidak saja itu, aplikasi HRIS dari Amerika Serikat ini juga dapat membuat pengelolaan HR perusahaan lebih terstruktur, terarah dan rapi.

Itulah delapan HRIS software yang paling banyak dicari perusahaan di Indonesia dan dunia. Pertanyaannya, mana aplikasi HRIS yang paling terbaik di antara semuanya?

Perlu Anda ketahui, semua rekomendasi di atas adalah aplikasi HRIS terbaik di tahun ini. Namun, jika Anda ingin mencari HRIS software terbaik di Indonesia, Talenta by Mekari adalah pilihan yang tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top