Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

72 Perusahaan Terkemuka Sabet Penghargaan Top CSR 2018

Setiap perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut berada melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program CSR merupakan investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Upaya ini pula yang dilakukan 150 perusahaan terkemuka dari berbagai sektor industri, mengikuti kegiatan Top CSR 2018, yang bertema Great CSR for Great Business.

Ketua Penyelenggara Top CSR 2018, M. Lutfi Handayani, mengatakan Top CSR adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasional di Indonesia, yang dinilai telah menjalankan program CSR/ PKBL/ Community Development terbaik.

Berbeda dengan tahun sebelumnya serta dengan Award CSR lainnya, proses penilaian Top CSR ini juga menggunakan aplikasi SR Index 26000 SR. Dengan aplikasi ini SR Index, setiap perusahaan peserta dapat mengukut tingkat adopsi CSR-nya terhadap ketentuan didalam ISO 26000 SR.

“Penghargaan Top CSR ini yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR yang berbasis ISO 26000 SR, keselarasan program CSR dengan strategi bisnis perusahaan, serta pendekatan CSV yang dilakukan,” ujar dia.

Ketua Dewan Juri Top CSR 2018, sekaligus Ketua KNKG Indonesia, Mas Achmad Daniri, mengemukakan untuk membantu penyelesaian masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup di masyarakat, maka sebaiknya pendekatan CSR dilakukan dengan menggunakan pendekatan CSV (Creating Shared Value).

Dengan CSV maka CSR perusahaan harus mengedepankan upaya “Berbagi Manfaat” antara perusahaan dengan stakeholders-nya. Program CSR tidak hanya dilakukan dalam bentuk memberi bantuan ketika ada permasalahan sosial, namun kehadiran CSR perusahaan lebih berperan sebagai solusi atas permasalahan sosial tersebut.

Jadi, perusahaan menjadi solusi atas penyelesaian masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup, melalui pendekatan bisnis, bukan sekedar memberikan bantuan sosial atau sumbangan.

“Strategi bisnis perusahaan harus jelas dan clear, kemudian program-program CSR perusahaan, diintegrasikan dengan strategi bisnis perusahaan untuk membantu penyelesaian masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup,” ujarnya.

Dari 150 perusahaan peserta, sebanyak 72 perusahaan ditetapkan menjadi pemenang Top CSR 2018. Adapun perusahaan di sektor usaha yang berhasil menyabet penghargaan ini, diantaranya PT Federal International Finance Tbk, PT Blue Bird Tbk, PT Astra International Tbk, PT Gajah Tunggal Tbk, dan lainnya.

Sementara di kategori khusus, perusahaan yang berhasil meraih penghargaan meliputi PT Bank Danamon Tbk, PT Hero Supermarket Tbk, PT Pegadaian ( Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan lainnya.

Tak hanya perusahaan, Top CSR 2018 ini juga menganugerahkan penghargaan bagi Top Leader on CSR Commitment kepada top manajemen perusahaan, seperti Hary Tanoesoedibjo, Chairman MNC Group; Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero); Handojo Santoso, Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, dan masih banyak lagi.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top