7 Trik Supermarket Tingkatkan Penjualan

Tanpa Anda sadari, supermarket membuat skema tersembunyi yang sedemikian rupa membuat Anda berbelanja lebih banyak.

Berikut hal-hal yang dilakukan supermarket untuk meningkatkan pembelian:

Troli

Ciptaan tahun 1938 ini didesain untuk membuat pembeli melakukan pembelian besar dengan lebih mudah. Tempat besar dengan mobilitas tinggi tentu semakin mempermudah Anda memasukkan makin banyak barang, yang berarti makin banyak barang yang dibeli dari supermarket.

Departemen Tertentu Terletak di Depan

Departemen seperti bunga atau bakery hampir selalu diletakkan di dekat pintu utama. Hal ini bertujuan agar saat konsumen masih membawa troli kosong dan keinginan berbelanjanya masih tinggi, produk dari departemen tersebut dapat menarik hati pembeli.

Barang Pokok Ada di Belakang

Anda harus menelusuri bagian demi bagian supermarket sebelum sampai di bagian bahan pokok. Peletakan barang-barang pokok seperti ini akan memicu Anda melakukan pembelian-pembelian tertentu di perjalanan sebelum sampai pada bagian barang pokok.

BarangTertentu Diletakkan pada Eye Level

Produk populer atau high selling product diletakkan sejajar dengan pandangan Anda. Tentu saja tujuan dari peletakan barang ini agar barang tersebut mudah ditemukan (dan kemudian dibeli). Contohnya sereal kesehatan akan diletakkan di atas, sedangkan sereal-sereal standar akan diletakkan di bawah. Brand mahal akan diletakkan sejajar dengan mata, dan barang murah lebih cenderung diletakkan pada bagian bawah atau pojok.

Eye Level Dewasa, Eye Level Anak

Bedanya? Pandangan yang sejajar dengan mata anak akan diisi sereal manis, makanan-makanan kecil seperti permen, snack, dan coklat akan diletakkan sedemikian rupa, sehingga barang tersebut akan mudah dijangkau anak untuk kemudian membujuk orang tua untuk membelikannya.

Pemilihan Musik

Musik yang berirama lambat dan lembut membuat manusia lebih santai dan menikmati waktu berbelanja. Selanjutnya, karena waktu berbelanja ini akan mendorong mereka untuk menghabiskan uang lebih banyak. Sedangkan musik berirama cepat dan keras akan mendorong orang untuk bergerak cepat tanpa pertimbangan harga. Berbeda dengan musik klasik, yang mendorong orang untuk membeli barang mahal.

Barang di Rak Antrean

Inilah area paling profitable pada sebuah supermarket. Sambil menunggu antrean, Anda akan disuguhkan barang-barang kecil seperti permen, coklat, atau mungkin majalah yang sebelumnya tidak Anda pikirkan untuk dibeli. Rak depan merupakan pembujuk untuk melakukan impulse buying yang paling hebat.

Sumber: businessinsider.com

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.