Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

7 Tips Belanja Online Ala Rieka Handayani

Pada era digital seperti ini pemanfaatan internet atau digital banyak digunakan untuk membantu aktifitas sehari-hari menjadi lebih mudah, salah satunya belanja online. Kemudahan, serba cepat dan efisien serta beragam promo menarik menjadi daya tarik yang tidak bisa ditolak sebagian masyarakat. Berbagai strategi pun disiapkan situs belanja online untuk menarik konsumen yang lebih banyak lagi.

7 Tips Belanja Online

Sayangnya, mengutip laman resmi Harkornas, Hari Konsumen Nasional sendiri dilatarbelakangi karena masih adanya masalah perlindungan konsumen di Indonesia. Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui tentang hak dan kewajibannya sebagai konsumen.

Padahal, setiap konsumen memiliki hak dan kewajiban yang bisa diperjuangkan karena dilindungi pemerintah yang mengacu pada Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Bertepatan dengan Harkornas pada 20 April lalu, Blanja.com mengajak masyarakat untuk jangan takut belanja onlineHead of Public Relation Blanja.com Rieka Handayani mengungkapkan, kemudahan yang ditawarkan dalam berbelanja online memang menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat Indonesia, sehingga saat ini konsumen tidak lagi “pergi berbelanja”, akan tetapi dapat berbelanja, kapanpun dan di manapun secara online“Belanja bukan lagi berbicara soal konsumtif tapi tentang sebuah ‘cara’ untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari hari,” kata Rieka.

Di sisi lain, masih banyaknya kekhawatiran yang dihadapai masyarakat saat berbelanja online menarik perhatian Rieka untuk berbagi tips agar aktifitas berbelanja online menjadi lebih nyaman dan memuaskan. Berikut tips belanja online ala Rieka Handayani:

  1. Pilih situs belanja online terpercaya

Kredibilitas dan sistem keamanan situs belanja online menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan berbelanja. Lakukan riset terlebih dahulu terhadap situs tersebut dan pastikan ada nomer kontak customer services yang bisa dihubungi. Hal ini akan mempermudah konsumen melakukan pengaduan jika terdapat keluhan.

  1. Membeli produk asli indonesia

Membeli produk Asli Indonesia, sama dengan konsumen membantu perekonomian Indonesia. Produk Lokal karya UKM Asli Indonesia adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar untuk negara. Ketika para pelaku UKM serta produk Asli Indonesia semakin berkembang maka perekonomian Indonesia bisa semakin maju.

  1. Kritis dan teliti membaca kebijakan situs belanja online

Setiap marketplace atau platform belanja online memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk setiap penawaran yang ditawarkan. Oleh karenanya, membaca syarat dan ketentuan atau kebijakan yang berlaku di suatu situs e-commerce dengan teliti menjadi hal yang wajib dilakukan. Jangan lupa untuk membaca detail deskripsi produk agar terhindar dari salah produk.

  1. Jangan malu bertanya pada penjual

Sudah membaca detail produk tapi masih kurang jelas? Konsumen bisa memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan marketplace untuk menghubungi penjual seperti fitur chat. Hal ini akan membantu calon konsumen mendapatkan informasi sejelas mungkin sehingga terhindar dari keluhan produk tidak sesuai.

  1. Cek review produk dan reputasi toko

Sebelum memutuskan membeli, tidak ada salahnya melihat ulasan dari pembeli terdahulu dan reputasi dari toko yang akan beli produknya. Beberapa konsumen sebelumnya pasti sudah memberikan ulasan tentang berbelanja di toko online tersebut. Dari sana, konsumen bisa mengetahui kepuasan pembeli terhadap toko online tersebut, mulai dari barang yang dijual hingga pelayanannya. Untuk itu, jangan lupa untuk mereview produk yang sudah dibeli karena hal ini menjadi penting untuk calon konsumen lainnya.

  1. Simpan bukti pembayaran dan nomer pesanan

Semua informasi sudah Anda dapatkan dan yakin untuk membeli, kini saatnya memilih metode pembayaran yang aman. Hindari melakukan pembayaran ke nomer rekening penjual langsung, karena setiap e-commerce memiliki rekening bersama sehingga uang berada ditempat yang aman. Dan pastikan Anda juga mencatat nomer pesanan dengan baik dan benar ya!

  1. Lacak pesanan secara berkala

Jadilah konsumen yang mandiri dengan melacak pesanan secara berkala melalui aplikasi atau situs jasa pengiriman dengan memasukkan nomer resi yang telah diberikan dari situs belanja online. Ini penting karena masih banyaknya konsumen yang bertanya keberadaan pesanan mereka kepada pembeli ataupun situs marketplace

Itulah 7 tips belanja ala Rieka Handayani, apakah Anda memiliki tips yang lain? Beritahu kami di kolom komentar!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top