7 Tips Bekerja dengan Orang yang Lebih Pintar

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

7 Tips Bekerja dengan Orang yang Lebih PintarBagaimana perasaan Anda jika dikelilingi oleh orang yang lebih pintar? Dikelilingi orang yang lebih pintar secara teori memang bagus. Tapi terkadang dalam praktiknya sangat berat atau tidak nyaman. Situasi seperti itu sering kali mengikis rasa percaya diri.

Namun, Anda tak perlu khawatir, berikut tip bekerja dengan orang-orang yang lebih pintar tanpa perlu merasa minder seperti disadur INC.com:

Tahu kekuatan Anda

Jika telah bekerja atau sudah menjadi pemilik bisnis, Anda harus melakukan sesuatu untuk ditawarkan kepada tim. Fokuslah kepada kekuatan yang Anda miliki ketimbang keterampilan atau pengetahuan yang Anda miliki.

Banyak bertanya

Ketika dikelilingi orang-orang yang lebih pintar, sering kali seseorang menyembunyikan ketidaktahuannya. Padahal, itu adalah cara yang salah. Jika tidak pernah bertanya, kita tidak akan pernah belajar.

Lebih baik bertanya ketimbang memberi kesan mengerti banyak hal padahal tidak sama sekali. Satu-satunya pertanyaan bodoh adalah yang tidak mau bertanya. Jadi, sering-sering lah bertanya.

Luangkan waktu Anda

Merasa nyaman di antara tim yang berisi orang-orang pintar bukanlah perkara mudah. Untuk mengenal serta belajar dari mereka membutuhkan proses yang panjang. Jadi, luangkan waktu Anda untuk itu.

Jadikan sebagai pilihan

Bagaimana cara kita menyesuaikan diri dengan mereka yang lebih pintar? Pilihan untuk bekerja dengan orang yang lebih pintar memang kurang menarik. Namun, bekerja dengan orang yang kurang pintar/berpengalaman tidak akan membuat kita berkembang. Bekerja dengan rekan yang lebih hebat akan membantu meningkatkan performa.

Fokus pada yang Bisa Dikendalikan

Kita tidak mungkin dapat mengendalikan orang terpandai dalam tim, tapi kita pasti bisa mengontrol diri sendiri. Kita tidak bisa menjadi lebih cerdas dari mereka, tapi kita selalu bisa bekerja lebih keras dan rajin sampai kita merasa sudah siap dan cocok untuk bergabung dalam tim.

Membaca

Perbanyaklah membaca. Kedengarannya sederhana namun sulit dalam praktiknya. Mungkin Anda bukan seorang ahli, tapi Anda bisa memberikan kontribusi. Serap semua informasi yang datang dari luar, terkadang itu bisa memberikan kontribusi dari sudut pandang yang berbeda.

Jangan bersaing

Semakin banyak bersaing, semakin sedikit Anda belajar dan menyelesaikan. Jangan memulai persaingan. Sekarang Anda harus menerima kenyataan bahwa akan selalu ada orang yang lebih pintar di luar sana, dan belajar jauh lebih mudah, bukan?

Editor: Sekar Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here