Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

7 Pengetahuan yang Perlu Dimiliki ‘PR Newbie’

newbiesAnda ingin menjadi PR? Atau sudah menjadi PR tapi masih baru? Jika ya, maka Anda perlu beberapa pengetahuan yang menunjang pekerjaan Anda tersebut. Anda tidak perlu menguasai semuanya, tapi setidaknya bila sudah familiar, pekerjaan menjadi PR profesional akan lebih mudah dilakoni.

1. HTML

Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. Namun setidaknya Anda mengerti tentang cara menggunakan Blogger, WordPress, dan semacamnya. Ini akan berguna bila Anda ditugaskan untuk mengisi konten website perusahaan.

2. Video editing

Tidak perlu kursus Avid, Final Cut Pro, atau berbagai macam program editing profesional. Tapi bila Anda familiar dengan software editing sederhana yang mudah dan cepat digunakan, seperti iMovie, pekerjaan meng-upload dan editing video akan lebih mudah.

3. Microsoft Excel

Program Microsoft Excel akan menjadi senjata PR dalam mengolah data. Membuat  spreadsheet mungkin terlihat mudah, tapi bila Anda belum memahami Excel sama sekali, mungkin hal ini akan mempersulit Anda.

4. Menulis

Dalam bidang PR, keterampilan menulis dengan alur dan tata bahasa yang baik akan sangat penting untuk membantu Anda dalam membuat press release ataupun postingan di web perusahaan. Tak hanya itu, hindari pula kesalahan dalam penulisan dan seni Typografi.

5. Matematika dasar

Jangan berpikir bahwa matematika tidak akan berguna dalam pekerjaan Anda. Tanpa matematika dasar, bagaimana Anda akan menganalisis data statistik, membandingkan persentase, atau mempersiapkan anggaran?

6. SEO

Seperti yang Anda ketahui, wawasan SEO akan membantu Anda dalam meningkatkan peringkat website Anda. Setidaknya, web perusahaan akan berada di puncak mesin pencari ketika ada yang ingin mengetahui tentang beberapa hal yang berhubungan dengan perusahaan.

7. Media sosial

Memasuki era digital, tugas PR tak hanya berkutat pada press release, tapi juga media sosial. Ya, maraknya pengguna media sosial seperti Twitter, Facebook, Path, dan semacamnya, menuntut PR agar dapat merangkul khalayak tak hanya di dunia nyata, namun juga maya.

Nah, dengan ketujuh pengetahuan dasar ini, Anda akan lebih mudah dalam menjalani tugas sebagai PR.

 

Sumber: Ragan.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top