Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

7 Kunci Sukses Strategi Media Sosial

Marketing.co.id – Tidak diragukan lagi, popularitas media sosial begitu luar biasa. Sayangnya, masih banyak bisnis yang belum sepenuhnya mengadopsi media sosial ini sebagai alat pemasaran mereka.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda sudah memilikinya, Anda sudah melakukannya dengan benar. Walau begitu, Anda tetap kudu waspada: jangan hanya mengunakan media sosial untuk kepentingan Anda saja, karena itu tidak akan membantu bisnis. Anda perlu menggunakan strategi media sosial agar memiliki dampak positif bagi bisnis.

Lantas, apa yang kita butuhkan agar kampanye media sosial kita sukses? Dibutuhkan kebijakan, proses, aturan main sosial, teknologi dan pelatihan. Apakah terdengar biasa? Jika Anda menguasai faktor-faktor keberhasilan, Anda dapat meraih keuntungan dari kekuatan media sosial untuk menjadi bisnis sosial. Berikut tujuh kunci sukses strategi media sosial dikutip openforum.com:

  1. Tahu tujuan bisnis Anda

Jika Anda tidak tahu tujuan bisnis, bagaimana Anda menyelaraskan strategi media sosial dengan tujuan bisnis Anda? Yang harus Anda lakukan adalah mendefinisikan dan menyempurnakannya.

  1. Memiliki visi jangka panjang menjadi konvergensi bisnis sosial

Jika Anda tidak berusaha menuju tujuan akhir, Anda cenderung berbelok dari jalur yang sebenarnya. Jika Anda membutuhkan dukungan tim dan ingin mereka sepenuhnya berinvestasi dalam strategi media sosial, komunikasikan visi Anda dengan clarity (kejelasan) dan passion (gairah).

  1. Memperoleh dukungan dari eksekutif kunci

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda tidak memerlukannya. Tetapi jika Anda bekerja dengan tim eksekutif, Anda perlu mendapat dukungan dari mereka.

  1. Menghasilkan roadmap/peta jalan

Sekarang Anda sudah tahu tujuan bisnis dan memiliki visi yang jelas. Tapi bagaimana Anda mencapainya? Rencanakan rute jalan mana yang harus Anda lalui dan hindari. Roadmap juga harus menguraikan jenis teknologi apa yang harus Anda investasikan dalam mengimplementasikan inisiatif baru yang telah Anda jalankan.

  1. Mendedikasikan untuk proses dan pelatihan yang berkelanjutan

Bagaimana proses Anda dalam mendengarkan dan menanggapi pelanggan di Facebook, Twitter atau LinkedIn? Siapa yang bertanggung jawab untuk update posting, menanggapi pertanyaan, dan aktivitas pemantauan?

Jika Anda jelas mendefinisikan proses ini dan tetap konsisten, Anda akan menghabiskan sedikit waktu di media sosial dan lebih banyak waktu untuk strategi pertumbuhan media sosial.

Kebanyakan pemilik bisnis kecil tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil kendali penuh atas pengelolaan kehadiran media sosial mereka, dan itu artinya, Anda harus melatih orang lain agar melakukannya sesuai dengan roadmap, visi, dan proses Anda.

  1. Rencanakan untuk kebutuhan staf saat ini dan masa depan.

Dalam tahap awal pertumbuhan sosial, Anda mungkin bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan kampanye media sosial Anda. Tapi Anda juga harus berencana mengembangkan sumber daya internal untuk membawa bisnis ke tingkat berikutnya.

  1. Tidak tergesa-gesa menggunakan teknologi terbaru

Jangan tergoda untuk menggunakan teknologi terbaru sebelum memiliki faktor keberhasilan. Tanpa rencana visi, proses, dan strategi media sosial, tidak mungkin Anda mengetahui teknologi apa yang dapat membatu mencapai tujuan tersebut. Tunda dulu untuk berinvestasi pada teknologi sampai Anda punya visi dan rencana trategis.

Bagi bisnis kecil, waktu sangatlah berharga. Kenapa inisiatif pemasaran Anda tidak berdampak signifikan pada bottom-line? Jika dilakukan dengan benar, media sosial dapat memiliki dampak besar pada kesuksesan Anda. Bagaimana dengan strategi media sosial Anda? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top