Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

7 Cara Membuat Reporter Jatuh Cinta

Membuat Reporter Jatuh CintaReporter adalah orang yang cukup penting bagi kehidupan seorang PR, karena merekalah yang menjadi mediator antara produk dengan publisitas di media. Dan kunci menjaga hal itu agar terus berlangsung baik adalah dengan menjaga hubungan. Caranya, dengan membuat mereka jatuh cinta.

Jatuh cinta di sini bukanlah dalam arti yang sebenarnya, tetapi agar ia mau meliput setiap siaran pers Anda.

  1. Menawarkan hadiah

Hadiah tidak selalu tentang materi. Hal tersebut juga mencakup penawaran tambahan untuk cerita. Misalnya tentang pelanggan Anda, referensi partner, link video, gambar-gambar menarik, hingga infografis atau survei yang dilakukan oleh perusahaan.

  1. Jangan biarkan mereka menunggu

Terkadang, bahkan sering, reporter akan menghubungi Anda untuk meminta sesuatu. Entah itu cerita, informasi, atau apapun yang berkenaan dengan tulisan mereka. Jangan buat mereka menunggu lama. Persiapkan diri Anda dengan segala kemungkinan yang terjadi. Dengan begitu, mereka akan sangat menghargai Anda.

  1. Kenali mereka dan medianya

Tentu saja tiap media memiliki karakternya masing-masing. Dan jika sudah menemukan media apa yang sesuai dengan audiens Anda serta ingin media tersebut terus meliput, maka Anda wajib mengenali mereka. Caranya dengan menuliskan cerita menarik sesuai dengan karakter media itu, jadi mereka tidak akan kesulitan dalam menuliskan karena sudah terbantu dengan tulisan Anda.

  1. Maksimalkan email dan media sosial

PR Daily menjelaskan, menurut jajak pendapat yang dilakukan baru-baru ini, reporter lebih senang terhubung melalui email atau media sosial. Jadi mengapa tidak memaksimalkan dua media gratis itu?

  1. Tetap sopan

Sedekat apapun Anda dengan mereka, sopan santun itu tetap diperlukan. Tidak terlalu formal juga nggak masalah sih. Ya pokoknya jangan berlaku macam-macam deh. Saat mengirimkan email, penting untuk memberikan subjek yang menarik, salam dan sapaan yang sopan, kemudian diakhiri dengan ucapan terima kasih.

  1. Jangan menggangu

Tidak masalah memang mengirimkan email yang meminta konfirmasi sebuah media. Namun jangan lantas Anda memberondongnya dengan email, media sosial, SMS, bahkan sampai menelpon hingga berkali-kali.

  1. Menjadi sumber daya yang berharga

Pada saat valentine misalnya, sebagai PR Anda bisa memberikan cerita atau masukan yang berhubungan dengan hari kasih sayang. Jika Anda selalu dapat bersikap manis, di kemudian hari reporter akan menghubungi Anda ketika sedang membutuhkan bantuan.

Gabungkan ketujuh tips di atas dan terapkan pada hubungan sehari-hari, dengan begitu, para reporter akan langsung jatuh cinta kepada Anda.

 

Sumber: PR Daily | Foto: Cobb PR

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top