Lanskap digital marketing terus berubah. Apa yang hot tahun lalu, belum tentu akan hot tahun ini. Apalagi dengan kondisi pasar yang cepat berubah, tak terelakkan lagi digital marketing harus bekerja dengan prioritas baru, alat yang lebih baik, dan strategi peningkatan guna memenuhi permintaan tersebut.
Berikut enam tren digital marketing terpanas tahun 2013:
Brand experience yang terintegrasi secara online dan offline
Merek mulai mengakui fakta bahwa jika perusahaan hanya fokus pada satu kegiatan marketing saja, cepat atau lambat itu akan mendatangkan bencana. Banyak perusahaan saat ini yang mulai merambah ke bidang digital marketing melalui penggunaan kegiatan media sosial.
Pada 2013 ini, merek akan semakin mengintegrasikan kejadian online dan offline. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelanggan pengalaman yang lebih menarik. Selain itu, marketer juga harus membuat penggunaan kode QR, membuat billboard interaktif, dan menciptakan display toko yang terintegrasi dengan smartphone guna terjalinnya interaksi antara merek dan klien.
Peningkatan aplikasi mobile dan optimasi
Lebih dari 43% marketer digital percaya bahwa optimasi mobile memberikan peluang perbaikan lebih di tahun 2013. Tablet dan komputer masih akan terus berjuang mempertahankan pangsa pasar mereka. Namun, dengan semakin banyaknya pelanggan yang tidak bisa lepas dari smartphone, tak terelakkan lagi bahwa optimasi mobile harus diutamakan di atas setiap upaya penelitian lainnya. Merek akan sangat merasakan manfaat dari peningkatan konten dengan menciptakan aplikasi mobile mereka untuk berinteraksi dengan calon klien atau yang sudah ada.
Data is king
Tahun 2013 adalah tahunnya “big data”. Analisa data akan menjadi salah satu fokus utama marketer tahun ini, terutama saat merek berusaha menangkap kepentingan yang berubah-ubah dari orang tech-savvy ini. Dengan informasi ini, marketer bisa lebih menyesuaikan strategi marketing mereka.
Semuanya tentang konten marketing
Blogger telah dikenal dengan prinsip ini selama bertahun-tahun. Anda dapat menggunakan strategi dan taktik ini untuk membawa pembaca ke laman situs Anda – tapi hanya konten yang bermanfaat yang bisa membuat mereka tetap setia.
Perusahaan sudah mulai menyadari pentingnya pembuatan konten sebagai alat pemasaran. Karena klien menjadi media-savvy, mereka bosan tumbuh dengan pemboman iklan yang konstan. Sebaliknya, gunakan ebooks, video tutorial, dan konten yang berguna lainnya untuk menarik minat pengguna. Pembuatan konten yang dapat dimanfaatkan dengan mudah dapat menghasilkan permintaan produk.
Semuanya bersifat personal.
Tahun 2013, kita akan melihat kampanye yang lebih personal – ditargetkan untuk pengguna tertentu.
Misalnya, disain ulang situs web akan fokus pada peningkatan pengalaman pengguna, memberikan pengguna kesempatan untuk menciptakan pengalaman pribadi melalui preferensi yang tersimpan.
Pemasar digital masih harus belajar banyak
Munculnya digital marketing berarti lebih tentang hal-hal baru yang akan muncul di 2013. Sayangnya, perubahan tren di bidang ini mengharuskan marketer bekerja lebih keras lagi untuk mengejar ketertinggalan mereka.
Tren yang terjadi tahun lalu mungkin sudah ketinggalan zaman atau tidak ngetren lagi tahun ini. Saat ini, hanya 18% dari pemasar digital yang berpikir bahwa mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan tahun depan.