Dunia UKM

6 Tips Susun Strategi Pemasaran Konten

Strategi Pemasaran Konten

Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran melalui konten menjadi sebuah cara ampuh bagi bisnis untuk menarik pelanggan di ranah online. Tak hanya UMKM, perusahaan besar pun memilih konten marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Berikut enam tips memulai strategi pemasaran konten yang bisa diterapkan oleh para pengusaha yang baru menjalankan bisnisnya.

Buat target audience.

Sebelum membuat konten, tentukan dulu kriteria target audience yang seusai dengan produk bisnis. Dari situ, kita bisa merancang konten seperti apa yang kira-kira sesuai untuk audience yang dituju.

Investasi.

Pemasaran konten bukanlah lari sprint. Dibutuhkan waktu untuk melihat dampak pemasaran konten. Kuncinya adalah konsistensi menyajikan konten di media sosial.

Agar tetap fokus di awal, anggaplah konten marketing sebagai investasi yang semua akan terbayar di masa mendatang. Biasanya, pemasaran konten baru terasa efeknya setelah enam hingga sembilan bulan berjalan dan ini merupakan investasi jangka pendek untuk kesuksesan program pemasaran jangka panjang.

Konten tak melulu berupa tulisan.

Pemasaran konten sering kali dipersepsikan berupa tulisan. Padahal tidak selalu begitu. Gambar dan video juga bisa menjadi bagian dari strategi.

Jika kita cukup baik dalam menulis, kedua format konten cocok digunakan. Terlebih, audience lebih tertarik dengan konten visual daripada teks. Lebih baik jika kita bisa mengombinasikan konten visual dan teks.

Utamakan kualitas.

Konten yang disajikan sebaiknya mempertimbangkan kualitas daripada kuantitas. Audience tentu akan merasa konten bermanfaat jika disajikan dengan kualitas yang baik dan mampu memberikan solusi bagi permasalahan. Minimal dalam seminggu buatlah tiga buah konten berkualitas. Jika bisa lebih dari itu, maka lebih baik.

Menulis baru separuh dari perjuangan.

Menulis konten atau mencari konten baru separuh dari perjuangan. Separuhnya lagi adalah mempromosikan konten. Mempromosikan konten diperlukan dedikasi demi memaksimalkan strategi pemasaran konten sebuah bisnis. Hadirlah secara konsisten di media sosial untuk mempromosikan konten.

Multifungsi.

Salah satu keahlian pemasar konten yang diperlukan adalah mampu membuat konten yang bisa digunakan untuk berbagai momen untuk memaksimalkan nilainya. Misalnya, sebuah konten presentasi bisa dimanfaatkan untuk membuat konten di blog atau bisa dimanfaatkan untuk konten seminar terkait produk.

Bagaimana strategi konten pemasaran Anda?

(Mashable)

1 Comment

1 Comment

  1. TOKO ATK

    June 26, 2014 at 13:33

    Nyesal kenapa jarang berkunjung ke website bermutu ini ! ternyata banyak banget artikel gratis yang bisa dipraktekan oleh usaha UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top