Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

6 Prinsip Beriklan di Media Sosial

marketing – co.id – Beriklan atau berpromosi di media sosial menjadi tren baru. Media sosial disukai karena sifatnya yang horizontal dan berbiaya murah. Namun tidak mudah beriklan di media sosial, karena penghuni media sosial biasanya alergi dengan hal – hal berbaru promosi. Bagaimana agar iklan Anda berhasil di media sosial, berikut prinsip – prinsip yang disarankan oleh Michael Masterson dan Maryellen Tribby.

  1. 1. Pesan untuk Media

Saat mempersiapkan sebuah event, menulis siaran pers, atau membuat video untuk pemasaran viral, pikirkan apa yang menarik bagi banyak orang, bukan apa yang ingin Anda tunjukan pada mereka. Tidak ada orang di media sosial utama yang tertarik pada produk baru yang Anda ciptakan atau perkembangan baru dalam perusahaan Anda. Tapi jika Anda memosisiskan  berita Anda sedemikan rupa sehingga menjadi menarik bagi khalayak luas, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan liputan. Trik untuk menulis siaran pers atau video informasional yang baik adalah dengan mempelajari media tersebut terlebih dahulu. Cari tahu jenis kisah/video apa yang biasanya mereka tampilkan, dan buat agar versi milik Anda sesuai dengan kebiasaan mereka.

2. Keberanian adalah segalanya

Saat mempersiapkan sebuah berita/event, Anda harus bersikap agresif dalam membuat konsepnya. Kisah besar  umumnya lebih baik dari kisah kecil. Ajang yang “gila” lebih baik dari ajang yang waras. Video yang aneh atau lucu lebih sering diputar daripada video konvensional. Tapi saat berpikir berani, Anda juga harus memperhitungkannya. Pelajari apa yang lebih disukai media. Tentukan pesan aneh, gila, dan lucu jenis apa yang suka mereka tampilkan.

3. Hargai Prioritas

Rekor lebih menarik dari pada daftar. Daftar lebih menarik dari pada fakta. Media sosial suka sekali dengan rekor dunia, bahkan rekor untuk hal – hal yang tidak jelas dan tolol. Selain itu, media sosial juga sangat suka pada daftar – daftar, terutama daftar top 10: ramalan, tren, pilihan favorit dan lain – lain. Film terbaik tahun ini, album terbaik tahun ini, perangkat elektronik terbaik tahun ini, dan daerah tujuan wisata terbaik tahun ini adalah contoh daftar yang popular di media sosial. Masyarakat akan terpancing membuat opini dan bisa membangkitkan  banyak diskusi bagi  mereka yang tidak sependapat  dengan penilaian tersebut. Pikirkan cara bagaimana bisnis Anda bisa menghasilkan rekor dunia dan daftar top 10 miliknya sendiri.

4. Berikan Sesuatu untuk Dibicarakan

Semua orang suka skandal dan kontroversi. Jika Anda bisa memikirkan cara untuk membuat pesan Anda lebih menarik, coba lakukanlah.

5. Kesederhanaan adalah Suatu Kelebihan

Saat mengumumkan berita Anda, kemukakan dalam bahasa sesederhana mungkin. Bahasa yang sederhana memberikan Anda dua keuntungan besar. Pertama lebih mudah dimengerti. Kedua, orang akan lebih mudah mengingat dan mengulanginya.

6. Persingkat

Konsep inti dari pesan—bagian yang Anda ingin khalayak ingat – harus cukup singkat untuk bisa ditulis dalam kolom subjek  email atau menjadi judul headline sebuah artikel di majalah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top