Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

6 Kunci Mendapatkan Testimoni dari Pelanggan Setia

Testimoni dari pelanggan setia membantu menciptakan kebahagiaan dan mendorong bisnis Anda menjadi lebih baik. Semua pembeli potensial memiliki beberapa ketidakpercayaan saat mengevaluasi klaim sebuah perusahaan. Menambahkan testimoni dari pelanggan setia dalam bauran pemasaran memberikan perspektif lain yang penting mengenai kepuasan pelanggan.

testimoni pelanggan

Manfaat paling signifikan dari testimoni pelanggan adalah kredibilitas dan kepercayaan yang ditambahkan pada klaim produk atau layanan yang Anda tawarkan. Di samping itu ada manfaat lain untuk membantu mengembangkan bisnis Anda, termasuk:

Siapa yang lebih baik dimintai masukan dan pendapat tentang bisnis Anda selain pelanggan setia? Seorang pelanggan yang bersedia memberikan testimoni menjadi sumber umpan balik dari pasar.  Alih-alih mengasumsikan apa yang disukai pelanggan, testimoni pelanggan dapat memberi contoh nyata tentang mengapa bisnis Anda unggul.

Testimoni pelanggan menawarkan metode untuk mengatasi ketakutan, keraguan, dan ketidakpastian pembeli potensial dengan memberikan validasi pihak ketiga terhadap bisnis Anda.

Setiap pelanggan yang bersedia menyebarkan pujian atas bisnis Anda akan menjadi pembeli berulang dari produk dan layanan yang ditawarkan. Pelanggan setia juga menyebarkan berita bisnis Anda dan memberikan tingkat keuntungan yang lebih tinggi.

Testimoni yang Baik, Buruk, dan Sangat Buruk

Testimoni pelanggan itu ada yang baik, buruk, dan sangat buruk. Tak semua testimoni pelanggan diciptakan sama. Agar mampu menembus dinding skeptisme pembeli, testimoni pelanggan harus jujur dan dapat dipercaya.

Ada banyak alat yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan testimoni pelanggan, mulai dari bertanya lewat e-mail pribadi, media sosial, atau blog/website.

Surat Testimoni

Membuat surat testimoni pelanggan akan membantu Anda membangun database. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan karena telah menggunakan bisnis Anda. Kemudian, minta kepada mereka umpan balik atau opini atas produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pastikan Anda menyertakan permintaan izin untuk menggunakan testimoni tersebut.

Apa pun metode yang Anda gunakan, membangun testimoni pelanggan akan membantu penilaian kepuasan pelanggan. Temukan enam kunci yang Anda perlukan untuk memastikan mendapatkan testimoni dari pelanggan setia.

Memberikan kualitas

Testimoni pelanggan setia dibangun di atas fondasi yang kuat dalam memberikan produk atau layanan berkualitas setiap harinya. Jangan berharap pula pelanggan akan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa memberikan layanan pelanggan terbaik.

Interaksi akhir

Mengumpulkan testimoni pelanggan setia bergantung pada timing. Pakar layanan pelanggan Richard B. Chase, menyarankan perusahaan untuk menggunakan ilmu perilaku dalam pelaksanaan pengiriman barang.

Interaksi akhir dengan pelanggan adalah apa yang ada dalam ingatan pelanggan. Tentukan bagaimana Anda tidak mengecewakan pelanggan dalam interaksi terakhir untuk menciptakan kesan yang positif. Setelah pelanggan puas, mintalah umpan balik dan mungkin testimoni.

Cocokkan dengan merek Anda

Mintalah dan gunakan testimoni pelanggan yang sesuai dengan posisi merek Anda. Jika bisnis Anda merupakan pengiriman tercepat di Indonesia, kumpulkan testimoni untuk menguatkan janji merek tersebut.

Edit bukan tulis

Hindari menulis testimoni pelanggan. Memiliki pelanggan yang mengungkapkan pengalaman mereka dengan bisnis Anda memungkinkan Anda menangkap testimoni kegembiraan dan emosi mereka. Anda bisa mengedit materi agar sedikit menarik. Jika sudah selesai, mintalah mereka memberi izin kepada Anda untuk mempublikasikannya.

Dapatkan izin

Meskipun Anda mendapatkan testimoni yang baik dari pelanggan setia tentang bisnis Anda yang luar biasa, Anda jangan menggunakannya dalam materi pemasaran sampai benar-benar mendapatkan izin dari mereka.

Jadilah nyata

Testimoni dari pelanggan anonim kurang kredibilitas. Cobalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi, seperti nama lengkap dan lokasi pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan. Testimoni dari seorang pelanggan yang dihormati di bidang bisnis Anda bisa membawa posisi bisnis Anda lebih jauh lagi.

Testimoni dari pelanggan merupakan bagian penting dari bauran pemasaran bagi perusahaan yang memiliki dana minim. Jangan meremehkan kekuatan testimoni untuk mendapatkan umpan balik, menutup lebih banyak penjualan dan membangun loyalitas pelanggan.

(Sumber: TheBalance.com)

SE.04.2017

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top