6 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Ritel Masa Depan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

The-Future-Retail-Experience-Korea-Goes-Virtual-2Bagaimana mengembangkan ritel di masa depan, di tengah perkembangan teknologi yang makin pesat ? Ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan:

1. Menginspirasi konsumen dengan memperbaiki lingkungan fisik.

Tim Greenhalg, pimpinan kreatif Fitch mengungkapkan bahwa Anda harus memberi perbedaan  pada barang Anda secara berkala, itu akan mengesankan.

Misalnya LEGO, produknya yang terkesan kaku dengan bentuk yang kotak-kotak kini dibuat lebih hidup. Dengan tambahan produk barunya seperti kepala, mobil, dan sebagainya. Kini seorang anak yang berusia tiga tahun pun dapat menggunakannya dengan tetap penuh inspirasi.

2. Kombinasi dengan Online

Toko ritel kini harus dikombinasikan dengan perkembangan teknologi. Jadi barang-barangnya jelas nampak pada toko, tetapi pembeli juga dapat berbelanja secara online.

Kenapa harus demikian? Perkembangan teknologi jelas-jelas membuat para pembeli seperti malas, mereka lebih senang membeli barang dengan cara online, cara yang tidak membuat mereka repot-repot harus keluar rumah. Kendalanya adalah, terkadang barang yang tertera pada gambar tidak sesuai dengan aslinya. Dan keberadaan barang asli pada toko akan menjadi keuntungan bagi Anda.

3. Lihat perubahan konsumen

“Pesaing  terbesar Anda bahkan tidak Anda ketahui hari ini, tapi mereka akan Anda ketahui besok,” ucap Henry Tucker, wakil managing director Futures Company EMEA, menanggapi ledakan e-commerce.

Hal itu menjelaskan bahwa, mereka yang berhasil adalah mereka yang memahami pola pemikiran konsumen yang berubah-ubah, dan memanfaatkan pola itu untuk menjadi keuntungan bagi mereka. Namun kesulitan dalam menilai laju perubahan dilontarkan oleh Bill Gates,  “Kami melebih-lebihkan perubahan yang akan terjadi pada dua tahun ke depan dan meremehkan perubahan yang akan terjadi dalam 10 tahun berikutnya.”

4. Spesifik

Daripada terlalu serakah mengambil semua lahan, lebih baik Anda memfokuskan diri pada sesuatu yang lebih spesifik. Misalnya, kuatkan toko ritel Anda pada penjualan pakaian, atau mungkin lebih spesifik lagi ke toko pakaian wanita. Ini akan memudahan para calon konsumen, ketimbang harus menjual segalanya dan malah menjadi toko yang tidak jelas.

Di sini Anda juga perlu data untuk mendukung strategi bisnis Anda. Terutama mengenai pemahaman mendalam tentang bagaimana orang berperilaku.  Bahkan, mereka juga perlu berpikir tentang meminimalisasi jumlah data, untuk tujuan bisnis yang maksimal.

5. Lokasi

Lokasi tetap menjadi patokan utama dalam berbisnis ritel. Menurut Roth, tiga faktor penting dalam ritel adalah “Lokasi, lokasi, dan lokasi.” Ia juga menjelaskan, bahwa “Lokasi hari ini adalah lokasi virtual, dan lokasi virtual akan berubah terus menerus.”

6. Belajar dari yang terbaik

Untuk menjadi yang terbaik, Anda harus belajar dari yang terbaik di bidangnya pula, dan itu sudah menjadi nilai mutlak. Dan akan bijak rasanya jika Anda belajar dari pendiri Amazon, Jeff Bezos. Amazon mengatakan, akan membuang-buang waktu jika terus meneliti hasil keuangan tanpa henti , akan lebih baik juga fokus pada energi untuk pemasukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here