Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

6 Elemen Penting dalam Viral Marketing

www.marketing.co.id – Viral marketing atau lebih dikenal dengan pemasaran viral adalah strategi marketing yang banyak digunakan oleh para perusahaan maupun pebisnis dengan menggunakan teknologi internet. Strategi ini, melalui proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengomunikasikan informasi suatu produk kepada khalayak ramai secara meluas dan berkembang.

Memang awalnya, istilah “pemasaran viral” diciptakan untuk menggambarkan praktik yang dilakukan oleh hotmail.com yang memasukan iklan ke dalam setiap pengiriman e-mail yang dikakukan penggunanya. Idenya adalah jika sebuah iklan diterima oleh pengguna yang mudah terpengaruh, maka pengguna itu akan “terinfekesi” (jadi pelanggan atau penganjur) dan kemudian dapat berlanjut untuk mengenfeksi pengguna lain yang mudah dipengaruhi.

Menurut Profesor Andreas dan Michael Haenlein mengungkapkan, untuk suksesnya sebuah viral marketing harus ada 3 kriteria yakni:

  • Perlu adanya media dan orang yang bertindak untuk menyampaikan pesan yang sedang dikampanyekan. Orang ini harus mempunyai jaringan sosial yang cukup luas dan dipercaya dan media yang gampang diakses oleh semua orang.
  • Pesan atau ajakan yang akan dikampanyekan yang mudah diingat dan menggugah orang untuk mengikutinya.
  • Lingkungan yang mendukung dan waktu yang tepat untuk melancarkan program viral marketing.

Berikut ada enam elemen penting dalam viral marketing yang di kutib dari buku 100 ide bisnis terhebat.

1. Berikan produk atau layanan yang bernilai

Sebagian besar program pemasaran viral memberikan produk atau layanan yang bernilai untuk menarik perhatian. Pemasaran viral tidak langsung mendapatkan keuntungan, tetapi mereka mengetahui bahwa jika mereka dapat membangkitkan minat dari  sesuatu yang  “gratis” maka mereka akan mendapatkan keuntungan.

2. Pastkan kemudahan untuk melakukan transfer atau pengiriman untuk orang lain

Virus hanya menyebar ketika mudah ditularkan. Media yang membawa pesan pemasaran harus mudah ditransfer atau dikopi, misalnya e-mail, situs Web, atau software. Pemasaran viral akan berhasil jika dilakukan secara online, karene komunikasi instan itu mudah dan tidak mahal.

3. Berikan kesederhanaan

Pesan pemasaran selalu berhasil ketika pesan tersebut sederhana dan menarik. Pesan pemasaran viral haruslah cukup sederhana untuk dapat dikirimkan dengan mudah dan tidak menimbulkan kebingungan.

4. Manfaatkan motivasi orang lain

Kampanye pemasaran viral yang cerdas menyadari bahwa orang ingin terhubung, terlihat keren, popular, atau dimengerti. Hasilnya orang yang membuat weblogs dan meneruskan e-mail dan alamat Web. Maka, rancanglah sebuah strategi pemasaran yang membangun motivasi dan prilaku yang umum dalam proses pengiriman.

5. Gunakan jaringan yang sudah ada

Manusia adalah makhluk social, dan para pemasar jaringan telah sejak lama memahami kekuatan jaringan manusia, baik jaringan yang kuat dan akrab maupun hubungan dalam jaringan yang lebih lemah. Gunakan jaringan ini untuk mengomunikasikan pesan.

6. Memanfaatkan sumber daya orang lain

Rencana pemasaran viral yang kreatif menggunakan sumber daya orang lain untuk berkomunikasi. Misalnya, program-program afiliasi yang meletakan link teks atau grafis pada situs Web, sementara para penulis memberikan artikel gratis atau membuat weblink.

 

Semoga elemen-elemen kunci dalam pemasaran viral tersebut bisa membantu Anda dalam memasarkan produk-produk andalan Anda.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top