Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

6+ Aplikasi Akuntansi UKM Online yang Recommended

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Aplikasi akuntansi UKM sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan pengelola bisnis UKM. Aplikasi akuntansi untuk bisnis ini mampu memberikan banyak keuntungan dan bisa diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat. Anda pun bisa memilih untuk menggunakan aplikasi pembukuan keuangan yang berbayar maupun gratis.

Mengenal Aplikasi Akuntansi UKM

Aplikasi akuntansi UKM merupakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang dibuat khusus untuk mempermudah pengelolaan keuangan UKM. Aplikasi ini umumnya hadir dengan fitur yang beragam, sehingga bisa memenuhi berbagai kebutuhan pengelolaan keuangan dengan maksimal.

Kehadiran aplikasi akuntansi ini bisa membantu para pemilik bisnis UKM dalam mengatur keuangan bisnis yang dijalaninya. Jika sebelumnya proses pengelolaan data keuangan berlangsung dalam waktu lama, maka kini semua bisa lebih cepat. Dengan aplikasi akuntansi, proses pengelolaan data keuangan bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja.

6+ Aplikasi Akuntansi UKM untuk Bisnis

Jumlah aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis UKM semakin meningkat, seiring dengan semakin banyak para pebisnis baru. Supaya tidak kesulitan dalam mengelola keuangan bisnis, maka Anda perlu menggunakan aplikasi akuntansi. Beberapa aplikasi akuntansi berikut ini bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan bisnis UKM dengan cepat dan akurat:

1. Jurnal.id

Jenis aplikasi akuntansi UKM yang pertama yaitu Jurnal.id. Aplikasi ini sudah sangat terkenal di dalam dunia bisnis. Tentu saja, keberadaan aplikasi ini sangat membantu banyak hal terkait dengan pembuatan laporan keuangan hingga bentuk transaksi perusahaan.

Dilansir dari halaman situsnya di https://www.jurnal.id/id/industri/usaha-mikro-kecil/, Jurnal.id dapat menyimpan seluruh data-data perusahaan dalam jumlah yang tidak terbatas. Sehingga, seluruh data-data penting bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama. Namun, Anda bisa saja mengakses segala data yang telah disimpan kapan saja, asalkan data tersebut belum dihapus.

Di dalam proses pencariannya pun juga menjadi lebih mudah dan praktis. Sehingga, Anda tidak perlu lagi untuk menggunakan kalkulator serta perhitungan rumus-rumus tertentu. Keberadaan Jurnal.id ini sudah khusus dirancang dengan metode yang paling praktis untuk bisa memudahkan para pebisnis dalam mengelola perusahaannya.

Begitu terdapat suatu data atau transaksi yang masuk, maka sistem akan secara otomatis untuk melakukan perhitungan. Dengan demikian, hal ini bisa memberikan bentuk jaminan yang lebih akan tingkat keakuratannya, karena dalam proses pengerjaannya tidak dibutuhkan langkah dua kali untuk mencatatnya.

2. Zoho Books

Zoho Books menjadi salah satu aplikasi terbaik dengan berbagai fitur lengkap yang dimilikinya. Tentunya di dalam proses penggunaan, aplikasi ini tidak kalah canggih dengan aplikasi yang lainnya. Zoho Books telah hadir dengan tampilan desain yang simple.

Dengan demikian, aplikasi ini bisa diakses siapapun karena system penggunaannya yang mudah. Di dalam Zoho Books, Anda bisa melakukan pengaturan pada pendapatan, hutang dan piutang, pengeluaran serta perhitungan waktu. Dengan berbagai kelebihan ini, tentu saja menjadikan Zoho Books sebagai rekomendasi aplikasi akuntansi yang tepat untuk dipilih.

3. MYOB Accounting

MYOB merupakan singkatan dari Mind Your Own Business. Aplikasi ini menjadi salah satu alat untuk mengelola data akuntansi secara terpadu. Maksudnya yaitu dengan proses pencatatan yang bisa dilakukan dengan cara memasukkan transaksi dengan melalui media formulir. Anda bisa mendapatkan formulir tersebut di dalam command centre.

Kemudian, aplikasi ini akan melakukan proses data secara otomatis, tepat, cepat dan akurat. Tentunya proses pengelolaan data ini dilakukan dengan metode pencatatan akuntansi serta diakhiri dengan laporan keuangan yang telah dikelola dengan baik.

Mind Your Own Business ini menjadi salah satu aplikasi akuntansi yang cocok digunakan di dalam berbagai jenis usaha. Misalnya yaitu pada jenis perusahaan dagang, industri atau bahkan di dalam bidang pertanian. Aplikasi ini khusus dirancang oleh MYOB Limited Australia yang telah diaplikasikan di dalam berbagai Negara di seluruh dunia.

4. FreshBook

Rekomendasi aplikasi akuntansi UKM selanjutnya yaitu FreshBook. Aplikasi ini berasal dari Kanada dengan menjadi aplikasi pertama yang ada di dalam produk FreshBook.

Selain itu, aplikasi ini juga hadir dengan kelengkapan fitur yang menguntungkan. Misalnya dengan berupa pelacakan pendapatan, faktur pajak, dan masih banyak yang lainnya. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam melayani invoice, pengeluaran hingga time tracking.

5. Money Manager Expense and Budgeting

Bagi Anda pebisnis yang suka melakukan pencatatan dalam segala hal, Money Manager Expense and Budgeting menjadi pilihan yang tepat. Di dalam versi aplikasi yang tidak berbayar, Anda bisa membagi transaksi tersebut menjadi tiga jenis akun. Di antaranya yaitu kartu pembayaran, tunai serta melalui rekening. Untuk setiap transaksi yang dilakukan pada sebuah akun. Bisa dilakukan Money manager Expense and Budgeting dengan cara pengumpulan data utang serta properti.

Jika Anda lebih memilih jenis akun yang terhindar dari segala macam bentuk iklan. Memilih Money Manager yang berbayar bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Karena, di dalam versi tersebut Anda bisa memperoleh keuntungan seperti fitur-fitur yang lebih lengkap. Tentunya, fitur tambahan tersebut tidak disertakan di dalam aplikasi money manager yang tidak berbayar.

6. Easy Accounting System (EAS)

Easy Accounting System atau yang biasa dikenal dengan singkatan EAS merupakan salah satu aplikasi akuntansi yang terkenal di seluruh dunia. Aplikasi ini menyediakan berupa jasa software khusus untuk akuntansi yang telah didirikan sejak tahun 2009 silam.

Aplikasi ini menjadi salah satu software semi ERP yang bisa digunakan dalam berbagai jenis pengoperasian di dalam sebuah bisnis. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk melengkapi sistem pengelolaan di dalam rumah sakit, jasa, retail, konstruksi, pendidikan dan masih banyak lagi.

Easy Accounting System sendiri dirancang khusus dengan menggunakan engine Firebird yang telah terbukti akan kemampuan yang dimilikinya. Aplikasi ini sangat stabil pada saat digunakan dengan menggunakan berbagai jenis windows.

Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan berbagai macam fitur unggulan yang sangat menguntungkan para penggunanya. Diantaranya yaitu fitur Invoice, Import Transaksi, serta eFaktur. Memilih EAS sebagai alat akuntansi pada bisnis usaha menengah menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan.

Akan tetapi, aplikasi ini hanya tersedia dalam bentuk berbayar. Dengan harga yang ditawarkan cukup berbeda-beda, yaitu mulai dari Rp7 jutaan hingga Rp30 jutaan. Harga termahal tersebut merupakan bentuk jenis aplikasi yang menyediakan versi manufaktur.

7. Abipro Accounting

Software akuntansi yang satu ini merupakan aplikasi yang menyediakan fitur paling lengkap diantara yang lainnya. Fitur tersebut diantaranya yaitu modul penjualan, pembelian, persediaan, buku besar serta aktiva tetap. Selain itu, perangkat lunak yang satu ini juga telah menyematkan manajemen cek, multi project, multi currency serta konsolidasi yang telah jadi satu paket. Bagi Anda yang menginginkan jenis aplikasi akuntansi yang satu ini, bisa mengeluarkan biaya yang cukup merogoh kocek.

Harga yang ditawarkan yaitu mulai dari kisaran Rp24 jutaan hingga Rp39 jutaan. Harga yang ditawarkan tersebut merupakan jenis aplikasi versi unlimited. Sedangkan untuk user yang mempunyai batas, dibandrol dengan harga kisaran Rp8 jutaan.

Pertimbangan Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi UKM

Sebelum memilih aplikasi akuntansi yang digunakan untuk bisnis UKM yang ditekuni, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. pertama-tama, perhatikan apa saja yang sedang dibutuhkan dalam bisnis Anda saat ini. Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, maka Anda bisa memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhan bisnis.

Setelah itu, perhatikan juga anggaran yang telah disiapkan untuk menggunakan aplikasi akuntansi. Setiap aplikasi memiliki harga yang beragam, sesuai dengan fitur dan hal teknis lainnya, sehingga Anda perlu mencari informasi lebih. Atau, Anda juga bisa memilih jenis aplikasi yang sesuai dengan budget.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah keamanan dan legalitas dari aplikasi akuntansi yang akan digunakan. Anda bisa memilih aplikasi yang menyediakan fitur keamanan ekstra, misalnya aplikasi yang menggunakan sistem Cloud dan membatasi akses data. Aplikasi akuntansi untuk UKM berbasis Cloud bisa membuat data tersimpan secara otomatis, sehingga risiko hilang bisa diminimalisir.

Fitur Pada Aplikasi Akuntansi UKM Terbaik

Saat ini aplikasi akuntansi yang bisa digunakan untuk bisnis UKM memang cukup banyak jumlahnya. Namun, Anda perlu memperhatikan fitur apa saja yang tersedia pada aplikasi tersebut untuk bisa menentukan kualitasnya. Berikut beberapa fitur yang harus dimiliki oleh aplikasi akuntansi terbaik untuk UKM.

Fitur Pembukuan Dasar

Suatu aplikasi akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis UKM bisa dikatakan berkualitas jika telah memiliki berbagai fitur pembukuan dasar. Fitur-fitur yang termasuk dalam pembukuan dasa adalah fitur manajemen pengeluaran, pembuatan laporan, dan pelacakan stAndar. Jika aplikasi akuntansi telah memiliki beberapa fitur tersebut, maka Anda bisa mengAndalkannya untuk mengelola keuangan bisnis.

Fitur Penghitungan dan Pelaporan Pajak

Selain itu, aplikasi akuntansi juga harus memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menghitung serta membuat laporan pajak. Aplikasi harus bisa digunakan untuk mengirim informasi pajak secara digital, karena sistem berbasis kertas sudah tergantikan saat ini. Anda bisa memilih aplikasi yang menawarkan fitur penghitungan serta pembuatan pajak secara otomatis.

Manajemen Laporan Keuangan

Dalam mengelola keuangan, nantinya Anda akan diharuskan untuk membuat berbagai jenis laporan yang tentu berguna bagi bisnis. untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan, Anda bisa memilih aplikasi akuntansi UKM yang memiliki fitur rekonsiliasi otomatis. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk membuat laporan dengan cepat dan akurat.

Tampilan dan Sistem User Friendly

Selain beberapa fitur tersebut, cara pengoperasian dan tampilan aplikasi juga harus diperhatikan sebelum memilih aplikasi. Aplikasi akuntansi terbaik untuk UKM yang harus dipilih sebaiknya memiliki tampilan dan cara kerja yang mudah dipahami. Karena rasanya percuma saja jika aplikasi tersebut lengkap namun pengguna tidak bisa menggunakannya karena sulit dipahami. Karenanya, pilih aplikasi dengan tampilan dan sistem yang mudah dipahami atau user friendly.

Demikian informasi terkait rekomendasi aplikasi akuntansi UKM yang bisa Anda gunakan dan beberapa informasi tambahan lainnya. Semoga setelah membaca informasi Anda bisa terbantu untuk memilih aplikasi akuntansi yang terbaik untuk mengelola keuangan bisnis.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top