Friday, November 21, 2025
HomeDIGITAL & TECHNOLOGY58 Tahun Indosat: Menjadi AI TechCo Inklusif

58 Tahun Indosat: Menjadi AI TechCo Inklusif

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merayakan 58 tahun dengan menyatakan transformasi perusahaan menjadi AI TechCo. Tema “5triving 8eyond” menunjukkan ambisi Indosat memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) sebagai fondasi digitalisasi nasional.

Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchinson (IOH), menyampaikan bahwa 58 tahun perjalanan adalah refleksi masa lalu sekaligus titik awal masa depan. Perusahaan terus melampaui batas sebagai AI TechCo, melalui inovasi dan solusi kolaboratif.

Baca juga: AI Ubah Peta Peta Bisnis Telekomunikasi dan Teknologi

Transformasi ini diwujudkan melalui inisiatif strategis seperti kampanye “AI untuk Kita Semua” agar teknologi AI dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Salah satu implementasi nyatanya adalah fitur Anti-Spam dan Anti-Scam berbasis AI.

Transformasi AI Mempercepat Digitalisasi Nasional

Dalam tiga bulan setelah diluncurkan, fitur tersebut telah memblokir lebih dari 200 juta panggilan berisiko, memberikan peringatan pada 90 juta pesan mencurigakan, dan melindungi rata-rata 11,5 juta pelanggan per bulan dari potensi penipuan digital.

Baca juga: Kolaborasi Indosat dan Komdigi Dalam Perlindungan Digital AI

Indosat juga membawa AI ke infrastruktur jaringan lewat AI-RAN Research Center di Surabaya. Ini adalah pusat inovasi AI Radio Access Network berbasis AI pertama di Asia, hasil kolaborasi dengan Nokia dan NVIDIA.

Pusat RAN AI ini memperkuat posisi Indonesia sebagai pelopor dalam jaringan pintar berbasis AI, sekaligus mendukung kedaulatan digital nasional menuju visi Indonesia Emas 2045.

Selain itu, perusahaan merilis Empowering Indonesia Report 2025 bertema “Building Bridges of Tomorrow” yang menegaskan AI berdaulat sebagai fondasi ekonomi digital. Laporan ini mendorong kolaborasi lintas sektor dalam tata kelola AI yang etis, pengembangan talenta, dan penguatan infrastruktur digital.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun, program apresiasi pelanggan dari semua brand-nya (Tri, IM3, HiFi). Misalnya, Tri menawarkan paket data Happy 30GB seharga Rp 50.000. IM3 Platinum dapat kuota tambahan 25GB dengan perlindungan SATSPAM AI. Pelanggan HiFi menikmati diskon dan upgrade kecepatan.

Transformasi AI Indosat bukan sekadar strategi teknologi, tetapi bagian dari misi jangka panjang untuk memperkuat ekosistem digital inklusif di Indonesia.

RELATED ARTICLES

Most Popular