Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

5 Tren Pemasaran Bertema Piala Dunia

iklan piala duniaTak diragukan lagi Piala Dunia merupakan ajang olahraga berskala global yang menarik minat orang di seluruh dunia. Bahkan yang bukan penggemar sepak bola sekalipun bisa turut memeriahkan ajang ini dengan nonton bareng.

­Oleh karena itu, Piala Dunia menjadi peluang yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau audience yang lebih luas. Tak heran banyak perusahaan besar yang turut memublikasikan konten mereka dengan tema Piala Dunia untuk menarik pelanggan membeli produknya.

Nah, berikut tren iklan perusahaan-perusahaan besar yang mengambil tema Piala Dunia.

Kebersamaan. Hal pertama yang akan kita lihat pada iklan-iklan bertema Piala Dunia adalah kebersamaan. Piala Dunia memang menyatukan banyak orang dari berbagai latar belakang, oleh karena itu iklan dengan tema ini menunjukkan kebersamaan.

Emosional. Hubungan emosional dengan penonton menjadi kunci agar sebuah iklan mudah diingat.  Faktor inilah yang kerap ditampilkan oleh iklan bertemakan Piala Dunia. Contohnya adalah iklan Nike ‘Winner Stays’ di mana bintang sepak bola seperti Neymar, Rooney, dan Ronaldo bergabung dengan para pemain sepak bola jalanan.

Ciptakan keramaian di media sosial. Bisnis masa kini apa pun temanya mengandalkan media sosial untuk membangun awareness dan berinteraksi dengan audience secara real time, terlebih iklan bertema Piala Dunia. Lihat saja Beats, produk headphone besutan rapper Dr. Dre, yang kerap aktif menampilkan konten gambar produknya dengan tema Piala Dunia.

Tampilkan produk dan logo merek. Tujuan dari iklan adalah membuat audience mengingat perusahaan dan produknya. Iklan yang baik tak cukup dengan story menarik dan bintang papan atas, tetapi juga bagaimana audience bisa mengingat perusahaan dan produknya.

Oleh karena itu, tampilkan logo dan produk di sepanjang iklan. Seperti yang dicontohkan oleh iklan Pepsi ‘Now Is What You Make It|#FootbolNow’.

Pemasaran realtime. Pertandingan Piala Dunia merupakan peluang bagi bisnis dan merek untuk melakukan pemasaran realtime. Misalnya, ketika terjadi gol, merek bisa secara kreatif mengombinasikan momen tersebut ke dalam strategi pemasaran kontennya.

Dengan mengetahui tren di atas, kita bisa belajar memanfaatkan sebuah ajang besar berskala global seperti Piala Dunia dalam strategi pemasaran bisnis.

(Business2community)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top