Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

5 Tips Puasa Sehat Selama Pandemi yang Bisa Anda Ikuti!

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani oleh seluruh umat muslim di bulan suci ramadan. Agar ibadah puasa berjalan lancar, Anda perlu mengetahui tips puasa sehat selama pandemi. Pasalnya pandemi virus covid-19 belum sepenuhnya usai, sehingga Anda harus menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin, agar tubuh tidak drop dan mudah terkena penyakit.

5 Tips Puasa Sehat Selama Pandemi

Selama puasa, Anda tidak boleh makan dan minum apapun dari subuh hingga adzan maghrib. Jika Anda tidak menjaga kesehatan tubuh, tubuh akan mudah terserang penyakit dan membuat ibadah puasa batal. Untuk menghindari hal itu, lakukan 5 tips puasa sehat selama pandemi berikut ini:

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi ketika Sahur dan Berbuka

Tips puasa agar tetap sehat yang pertama yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Ketika sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi, serat untuk melancarkan pencernaan dan protein untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk tetap minum air putih yang cukup, agar tubuh tidak dehidrasi.

Ketika berbuka, Anda bisa memilih menu makan sehat juga, seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman tidak sehat seperti gorengan, fast food, kopi dan teh, karena asupan tersebut tidak menutrisi tubuh. Dengan begitu, Anda bisa merasa manfaat puasa.

  1. Istirahat yang Cukup

Mengatur waktu istirahat selama bulan puasa adalah hal yang penting dilakukan, apalagi di tengah pandemi covid 19 ini. Karena kekurangan waktu tidur dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dan membuat Anda rentan terkena penyakit.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mendapati waktu tidur yang cukup yaitu 7-9 jam di malam hari untuk orang dewasa. Anda bisa menggantikan waktu tidur malam yang berkurang dengan tidur siang atau tidur malam lebih cepat.

  1. Olahraga

Tips puasa agar tetap sehat selanjutnya yaitu dengan olahraga secara rutin. Meski sedang berpuasa, olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Anda bisa berolahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, dan bersepeda santai, agar tidak cepat lelah.

  1. Hindari Stres

Menghindari stres menjadi salah satu tips puasa untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fresh. Pasalnya, stres dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh, dan rentan terkena penyakit. Untuk menghindari stres Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan, berolahraga atau bermeditasi.

  1. Konsumsi Suplemen

Berpuasa seharian mungkin membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting. Untuk menjaga nutrisi tubuh agar tetap terpenuhi dan puasa sehat, Anda bisa mengonsumsi multivitamin. Pasalnya vitamin dapat menjaga daya tahan tubuh lebih kuat.

Itulah 5 tips puasa sehat selama pandemi yang bisa Anda ikuti. Untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa, Anda bisa berbelanja di shopee. Ada berbagai produk penjualan yang bisa Anda temukan di sana mulai dari vitamin, makanan sehat, produk fashion dan lainnya.

Shopee memudahkan Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa, Anda tidak harus pergi keluar rumah untuk berbelanja. Apalagi shopee sedang mengadakan promo Shopee Big Ramadan Sale sejak 7 April sampai 11 Mei. Pastikan Anda tidak melewatkan promo ini, karena ada berbagai tawaran menarik yang bisa Anda dapatkan mulai dari Goyang Berkah 10M, Murah Lebay dan COD Gratis Ongkir Rp0.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top