Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

5 Tips Presentasi dari Steve Jobs

tips presentasiMarketing.co.id- Bicara presentasi, Steve Jobs adalah salah satu masternya. Setiap akan melakukan presentasi, pendiri Apple ini tidak hanya fokus pada statistik atau teknologi dalam komunikasinya, namun ia menjual manfaat produk perusahaannya.

Disini, kita dapat mengambil beberapa pelajaran dari komunikasi yang dilakukan Jobs.

  1. Tahu mana yang penting 

Steve Jobs menyadari bahwa pikiran manusia tidak dapat memproses semua materi yang disampaikannya hanya dengan sekali duduk. Setiap informasi atau data yang kurang bermanfaat sebaiknya tidak usah dibahas, karena bisa menjadi gangguan yang dapat melemahkan persentasi Anda. Gunakan visual yang hanya mendukung apa yang akan Anda sampaikan

2. Mengapa orang mendengarkan Anda

Audiens berada di ruangan bersama Anda untuk alasan tertentu. Sangatlah penting untuk memahami mengapa mereka datang dan mau mendengarkan Anda. Sehingga Anda dapat menyampaikan presentasi dengan lebih baik.

3. Buatlah hubungan emosional dengan penonton secara personal

Setiap akan memulai presentasi, Jobs selalu memulainya dengan mencoba membuat hubungan emosional dengan penonton. Meskipun tujuannya adalah menjual teknologi. Cara ini dilakukan untuk membangun empati yang pada akhirnya mendorong audiens untuk lebih mudah menerima apa yang Anda katakan.

4. Fokuskan audiens pada Anda bukan pada materi presentasi 

Mereka datang untuk melihat dan mendengarkan Anda.  Jadi sebisa mungkin, jaga fokus mereka pada Anda bukan pada slide materi yang akan Anda sampaikan. Misalnya, Anda dapat menyisipkan slide kosong ke dalam presentasi sehingga mereka dipaksa untuk melihat dan memperhantikan Anda. Jobs sering melakukan ini.

5. Tahu isi presentasi 

Anda harus menguasai betul konten yang akan disampaikan sehingga Anda akan merasa nyaman ketika memberikan presentasi meski tanpa visual sekalipun. Jobs terkenal teliti dalam mempersiapkan segalanya.

Presenter lainnya lebih memilih spontanitas atau improvisasi. Namun, apapun gaya Anda, penguasaan materi yang akan disampaikan akan memberikan ketenangan dan kejelasan dalam menyampaikannya, komponen penting untuk sebuah presentasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top