Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

5 Tips Memicu Word of Mouth

Kita semua tahu bahwa keadaan ekonomi seringkali berada pada kondisi sulit. Maka selalu disarankan pada para perusahaan supaya tidak menghambur-hamburkan budget marketing mereka. Inilah mengapa menghasilkan promosi berbentuk word of mouth sangat penting.

Bentuk promosi ini sangat sulit untuk diukur, tetapi sangat hemat biaya karena kita hampir tidak mengeluarkan biaya apapun. Pelanggan Anda adalah media yang paling cocok untuk menjalankan promosi ala word of mouth ini. Tapi bagaimana men-trigger-nya?

Minta Mereka Agar Mencoba Produk Anda

Jika Anda ingin pelanggan membicarakan produk, mintalah mereka untuk mencobanya dan memberitahu orang lain mengenai hasilnya. Ini adalah cara yang efektif untuk menciptakan rekomendasi positif.

Libatkan Pelanggan dalam Perusahaan

Mintalah opini para pelanggan dan dengarkan mereka. Buat mereka merasa penting karena feedback dan opini mereka dihargai dan ditampung. Kabari dan informasikan setiap aktivitas perusahaan yang menyangkut para pelanggan seperti event, peluncuran produk baru, atau acara spesial lainnya.

Sediakan Forum

Libatkan orang-orang yang berpengaruh pada forum yang Anda buat supaya mereka bisa membagikan opini dan feedback-nya. Forum ini bisa berupa mulai dari pesta koktail sederhana atau forum online yang melibatkan orang-orang berpengaruh yang bisa menyebarkan rekomendasi yang dipercaya pelanggan lainnya.

Berikan Layanan Berkualitas dan Perlakukan Setiap Pelanggan dengan Hormat

Berikan bahan pembicaraan yang bagus untuk pelanggan Anda. Berikan pelayanan istimewa dan berikan perlakuan yang berkualitas sehingga mereka terdorong untuk membagikannya. Starbucks tidak populer karena kopinya yang berharga 30 hingga 40 ribu, tetapi karena mereka berusaha mengingat semua nama pelanggan sekaligus apa minuman favorit mereka masing-masing. Mereka memberikan kualitas dan pengalaman berkesan sehingga pelanggan rela membayar mahal hanya untuk secangkir kopi.

Pertahankan Hubungan

Jaga selalu hubungan dengan para pelanggan. Beritahu setiap ada yang spesial dari perusahaan, berikan bonus, dan cara apapun juga untuk menjaga hubungan. Ini tidak hanya akan meningkatkan kunjungan mereka, tapi mereka juga akan mulai berbicara tentang Anda.

Sumber

Oleh: Laura Lake

About.com

2 Comments

2 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top