Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

5 Tips Fotografi Bagi Bisnis Kuliner Agar Foto Produk Menarik

Marketing.co.id – Berita UMKM | Seiring dengan meningkatnya relevansi berbagai layanan daring di tengah pandemi, Badan Pusat Statistik mencatat penjualan online tertinggi dipegang sektor makanan dan minuman yang melonjak tajam hingga 1070%.

Baca Juga: [Tips Bisnis UKM] Sebelum Memulai Bisnis

Hal ini menjadi alasan kuat penggiat usaha kuliner harus terus beradaptasi dengan teknologi dan melakukan inovasi penjualan seperti menjual produk dalam bentuk frozen food. Untuk dapat memasarkan produk frozen food secara menarik, penggiat usaha harus secara kreatif menampilkan foto produk yang menarik minat pembeli.

Untuk membantu penggiat usaha kuliner, ShopeePay kembali menghadirkan ShopeePay Talk. Dengan tema “Pertajam Skill, Maksimalkan Hasil”, ShopeePay ingin mengulik berbagai keahlian yang dibutuhkan penggiat usaha agar bisnisnya dapat terus tumbuh dan menguntungkan, terlebih di tengah pandemi.

Baca Juga: [Tips Bisnis UKM] Agar Website Anda Menguntungkan

Hadir sebagai pembicara, Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO) Bedi Zubaedi, CEO & Founder NoMi-NoMi Delight Rifqi Mohammad AS, dan Food Blogger @Foodirectory Windy Iwandi.

Baca Juga: [Tips Bisnis UKM] Mengubah Pengunjung Menjadi Pelanggan

Menurut Windy, fotografi adalah salah satu skill yang sangat penting bagi semua lini bisnis, di mana cerita dituangkan menjadi sebuah foto penuh makna. Bagi bisnis kuliner online, foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial untuk menarik minat konsumen untuk membeli.

Dalam sesi mini workshop, Windy Iwandi membagikan lima tips fotografi untuk dapat menghasilkan foto produk yang menarik:

Bersahabat dengan jendela

Kunci utama fotografi adalah cahaya yang cukup. Sebisa mungkin dapatkan cahaya alami dari sinar matahari. Namun, memanfaatkan cahaya dari lampu juga tetap bisa membantu.

Pilih background yang netral untuk menciptakan kesan clean

Persiapkan latar foto dengan warna netral atau satu warna seperti putih, cokelat atau dengan motif kayu agar foto lebih fokus pada penataan produk makanan di atas meja. Cukup gunakan peralatan yang ada di rumah ya, seperti kain serbet, peralatan makan atau bahkan nampan kayu yang ada di dapur.

Manfaatkan kamera handphone

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera canggih seperti DSLR karena smartphone yang ada kini sudah sangat canggih. Pelajari mode dan fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing. Tonton tutorial dan tips yang disediakan di platform online.

CLOSE UP!

Kita perlu memperlihatkan detail dari makanan agar pesan yang ingin disampaikan dari makanan tersebut tersampaikan dengan baik. Karena dari itu, pengambilan gambar dengan metode Close Up menjadi salah satu yang paling sering dan mudah untuk dilakukan. Usahakan untuk tidak blur ketika mengambil gambar dengan metode ini.

Mainkan warna makanan

Pastinya sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan editing. Tidak perlu editing terlalu keras, cukup buat warna makanan lebih hidup dan tetap natural. Kita bisa menggunakan beberapa aplikasi editing seperti VSCO, Light Room, Snap Seed, dan lainnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top