Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

5 Langkah Menjadi Online Buyer Yang Smart

Suka lihat katalog baju online tapi tidak tahu cara ordernya? Ingin mencoba belanja tapi banyak keraguan di dalam hati? Well, jangan heran kalau pertanyaan ini sering terjadi pada diri kita.

online buyer

Gambar produk dan harga yang murah pastinya sangat menggoda Anda untuk membeli, tapi sayangnya Anda tidak mengerti cara pemesanannya. Atau jangan-jangan Anda dilanda kekhawatiran nanti sudah dibayar tetapi barang tidak datang ataupun tidak sesuai ekspektasi.

Toko-toko online di Indonesia memang sangat banyak dan bertebaran di mana-mana, tetapi belum ada suatu prosedur resmi yang menunjukkan tata cara atau petunjuk belanja online yang pintar. Setiap toko online tentu memiliki peraturan dan style-nya masing-masing dalam menerapkan sistem bertransaksi, tetapi pada dasarnya langkah-langkah untuk belanja online yang smart itu sama untuk setiap toko online di Indonesia.

Cecilia Harjadan, Country Manager di Perusahaan Saleduck, membagikan tips bagaimana menjadi seorang online buyer yang smart sebagai berikut:

  1. Buat Akun Terlebih Dahulu

online buyerHal pertama yang Anda harus lakukan sebelum belanja online yaitu membuat sebuah akun di toko online tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup masukkan detail informasi Anda beserta email atau jika Anda malas untuk mengisi satu per satu, akun Facebook juga dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah akun.

Banyak keuntungan dari hal ini, seperti Anda akan menghemat waktu dalam proses transaksi dengan menggunakan detail informasi yang sama karena tersimpan otomatis dalam akun Anda,  menerima promo up-to-date, produk terbaru, dan info mengenai event-event yang akan diadakan kedepannya oleh toko online tersebut.

  1. Melakukan Screening Pada Laman Depan

Bagi para pemula yang ingin mencoba online shopping, sangat dianjurkan untuk memperhatikan homepage dari setiap toko online. Hal ini karena selalu ada hal terbaru atau menarik yang ditampilkan di sini dan akan membuat Anda familiar dengan fitur-fitur yang disediakan. Berbagai promo dan penawaran menarik dapat Anda temukan di sini. 

  1. Masukkan Kata Kunci Pada Search Engine

Terkadang Anda pasti bingung ingin mulai mencari produk dari mana, apalagi jika tampilan website yang sedikit tumpang tindih alias tidak tersusun rapih. Hal pertama yang perlu dituju adalah bagian kategori yang terletak di online buyerbagian kiri atas dari laman depan toko online. Jika Anda sudah mempunyai spesifik produk atau kata kunci yang ingin dicari, tinggal tulis saja di bagian search engine, seperti “Celana Kantor Wanita”, “Tas Wanita”, “Gucci”, atau “Samsung” lalu dalam beberapa saat semua produk yang anda inginkan akan terpampang dalam satu frame.

  1. Masukkan Detail Secara Lengkap dan Jelas

Bagi Anda yang suka belanja online pasti pernah mengalami hal-hal yang kurang mengenakkan. Kita tentu tak ingin mengalami terlambatnya barang orderan tiba, tidak sesuai dengan pesanan, atau tidak sesuai ekspektasi.

online buyerUntuk menghindari hal – hal seperti itu, perhatikan baik-baik deskripsi dari setiap produk dan jika terdapat kolom diskusi, manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya untuk memastikan ketersediaan produk, spesifikasi, dan cara penggunaan produk tersebut. Jika Anda sudah yakin dengan produk tersebut, tinggal klik tombol “beli”. Setelah itu, produk tersebut akan tersimpan cantik di keranjang belanja Anda yang biasanya terletak di bagian kanan atas.

Setelah puas memilih produk, Anda dapat melanjutkan ke bagian pembayaran. Di sini, Anda harus selalu mengisi detail informasi penerima secara jelas dan rinci, terutama di bagian alamat karena hal ini akan sangat berpengaruh pada proses pengiriman barang. Sekedar saran, Anda dapat memberikan pesan apa saja di bagian kolom ‘Keterangan’, seperti pagar hijau, depan puskesmas, atau tolong packing yang rapih. Setelah itu, pilihlah  layanan kurir dan jenis pengiriman yang Anda inginkan dan klik tombol menuju pembayaran.

Di bagian ini, terdapat beberapa metode pembayaran standard yang ditawarkan, seperti transfer bank, kartu kredit, dan e-banking. Akan tetapi sekarang ini beberapa toko online telah menyediakan fasilitas pembayaran baru via indomaret, alfamart, 7-eleven, atau Pos Indonesia.

Satu hal yang perlu diingat sebelum melakukan pembayaran yaitu masukkan suatu kode kupon di kolom yang tersedia pada halaman transaksi Anda! Kenapa? Karena Anda akan mendapatkan potongan diskon dari jumlah total harga transaksi Anda.

  1. Selalu Cari Kode Kupon Untuk Semua Toko Online

Hal yang satu ini harus selalu ditanamkan di dalam pikiran Anda setiap kali ingin belanja online, ada diskon atau tidak? Mungkin Anda telah memilih produk yang sudah memiliki diskon sebelumnya, tetapi jangan salah dengan mempunyai suatu kode kupon, Anda berkesempatan untuk mendapat diskon tambahan. Nah caranya sangat mudah, Anda cukup pergi ke website penyedia kode kupon, seperti Saleduck.

online buyer 04

Website seperti ini sangat membantu Anda untuk mengetahui dan mendapatkan kode kupon biasa maupun eksklusif, yang mungkin tidak ditampilkan di website toko online tersebut.

Selain itu, jika Anda berlangganan buletinnya, dapat dipastikan setiap hari selalu ada promo terbaru yang Anda dapatkan dan akan sangat membantu dalam menghemat uang.

Sekarang Anda sudah tahu kan langkah-langkah belanja online yang pintar dan hemat? Nah, happy online shopping!

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top