Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

5 Kemampuan Yang Patut Dimiliki Agar Punya Masa Depan Sukses

gen z sang influencerMarketing.co.id – Berita Marketing | Siapa sih yang tak ingin memiliki masa depan sukses? Meski definisi sukses setiap orang berbeda, memiliki karir yang mapan tentu jadi impian sebagian besar orang. Sayangnya, di era global ini justru semakin sulit mendapatkan pekerjaan. Selain semakin ketatnya persaingan, lahan pekerjaan ternyata semakin tergantikan oleh peran teknologi.

Karena alasan tersebut pula, gelar dan kemampuan akademis dinilai belum cukup memenuhi kualifikasi dalam dunia kerja. Lalu, kemampuan seperti apa yang dibutuhkan agar dapat bersaing di dunia profesional? Tentunya, ada beberapa kemampuan yang bisa Anda kembangkan salah satunya dengan menempuh pendidikan di Universitas Internasional. Yuk, cari tahu pembahasan selengkapnya di sini.

  1. Mampu berpikir kritis

Agar dapat bersaing dengan teknologi, Anda perlu mengasah kemampuan berpikir. Ya, hal yang membedakan manusia dan teknologi hanya fungsi pada otak. Karena itu, kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan yang patut kamu miliki.

Untuk mengasah kemampuan tersebut, program pendidikan pun tak bisa sembarangan. Di Sampoerna University misalnya, biasanya mahasiswa akan didorong untuk memilih sebuah kasus yang nantinya perlu Anda bedah. Mulai dari tahap analisa, investigasi, hingga memberi kesimpulan adalah beberapa tahapan yang perlu kamu lalui saat membedah kasus. Dengan membiasakan diri untuk membedah sebuah masalah/ kasus, Anda pun diharapkan terbiasa berpikir kritis.

  1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Selanjutnya, mahir dalam berkomunikasi nyatanya juga dibutuhkan di ranah dunia profesional. Pasalnya, komunikasi dapat menjadi gerbang utama menuju kegiatan lainnya. Tak jarang, sebuah komunikasi pun mampu membawa dampak yang besar bagi khalayak luas. Kemampuan komunikasi pun menjadi salah satu acuan penting dalam kurikulum pendidikan di universitas internasional. Langkah yang dilakukan di antaranya, berlatih menulis dengan jelas dan koheren, serta berbicara dan mendengar secara interaktif. Kedua langkah tersebut bertujuan agar mahasiswa mampu memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

  1. Memahami etika

Tak kalah penting, seseorang juga perlu memahami ketika ada dalam kalangan masyarakat. Setidaknya, Anda perlu peka terhadap masalah etika, memahami perbedaan etika, bahkan mengaplikasikan konsep sebuah etika dalam kegiatan. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah beradaptasi dan diterima di suatu komunitas.

  1. Kesadaran akan pengetahuan global

Kini, segala hal dapat mengaitkan seluruh dunia. Kondisi tersebut pun membuat Anda perlu berpikiran global. Dengan memahami berbagai isu global, Anda diharapkan mampu mengapresiasi perbedaan budaya serta mempunyai tanggung jawab sosial yang baik. Lebih jauh, Anda pun dapat memiliki kemampuan untuk meninjau berbagai sudut pandang dari sebuah masalah. Dengan berkuliah di Universitas Internasional, lingkungan pembelajaran akan menjadi tahap dasar untuk memahami pengetahuan global. Nantinya, diharapkan mahasiswa akan semakin memahami pengetahuan global.

  1. Pemahaman sumber informasi

Terbukanya segala jenis informasi saat ini membuat siapa saja dapat menghimpunnya dengan bebas. Padahal, tak semua informasi memiliki sumber yang kredibel atau terpercaya. Agar memiliki kualifikasi yang baik, Anda perlu memahami pentingnya memilah sumber informasi. Setidaknya, Anda perlu memahami sejauh apa sebuah informasi dibutuhkan. Lakukan pula evaluasi akan kebenaran sebuah informasi. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan sebuah informasi secara etis dan legal untuk mencapai tujuan tertentu.

Itulah 5 kemampuan penting yang dapat menjadikan Anda orang sukses. Kelima kemampuan tersebut tentu tak bisa dimiliki tanpa melakukan praktek. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan diri dengan hal-hal yang dapat mendukung kemajuan kemampuan tersebut. Dengan memilih jalur pendidikan di Sampoerna University, Anda tak hanya akan menguasai kemampuan tersebut namun juga kualifikasi akademis yang berkualitas. Semangat meningkatkan kualifikasi diri Anda ya!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top