Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

5 Jurus Memperoleh Pekerjaan Dari Magang

MagangMeraih pekerjaan impian ternyata bisa diperoleh dari hasil magang atau internship. Beberapa karyawan bahkan memulai pekerjaan perdananya dengan cara magang di perusahaan idaman mereka. Apabila saat duduk di bangku perguruan tinggi, Anda diwajibkan mengambil mata kuliah internship atau magang sebaiknya jangan disia-siakan. Itu akan jadi peluang untuk menembus dunia pekerjaan pada tahap selanjutnya. Anda bisa memperoleh pekerjaan dari magang dengan 5 jurus di bawah ini.

1. Ambil mata kuliah magang

Ada beberapa universitas dan perguruan tinggi yang mengharuskan para mahasiswanya mengambil mata kuliah magang atau kuliah kerja nyata. Biasanya mata kuliah ini diselenggarakan di tahun terakhir. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan tambahan ilmu bagi para siswa terutama soal pengalaman kerja. Jadi, bukan sekadar teori saja seperti yang diajarkan di dalam kelas melainkan ada ilmu praktik. Sehingga ketika mereka memasuki dunia kerja, perusahaan sudah yakin akan kemampuan yang mereka miliki. Anda bisa saja diangkat jadi karyawan di perusahaan tempat magang setelah lulus apabila selama magang mampu mengerjakan tugas-tugas dengan benar dan tepat waktu.

2. Serius bekerja

Meskipun status Anda di perusahaan adalah anak magang, bukan berarti bisa santai dan menyepelekan pekerjaan. Perusahaan akan memberikan nilai terhadap hasil magang Anda. Apabila Anda terlihat serius selama magang dan punya inisiatif tinggi untuk mengerjakan setiap tugas yang diberikan maka bukan hal yang mustahil mereka akan merekrut Anda untuk jadi karyawan. Tunjukkan kepada perusahaan tempat Anda magang bahwa Anda memang serius untuk bekerja agar dapat meninggalkan kesan yang baik sehingga berpeluang untuk dikontrak full time oleh perusahaan tersebut.

3. Magang di tempat yang tepat

Ada baiknya mencari tempat magang yang sesuai dengan ilmu yang Anda ambil. Hal ini untuk memaksimalkan kemampuan Anda selama praktik magang dilakukan. Misalnya, Anda mengambil jurusan broadcast, maka carilah tempat magang di dunia media seperti media cetak atau elektronik. Jangan memilih bank sebagai tempat magang Anda. Pastikan juga ketika telah diterima di tempat magang, Anda mumpuni mempraktikkan ilmu yang telah diajarkan dan mendapat ilmu baru. Sehingga, Anda tidak hanya menjadi pembantu senior di perusahaan. Carilah perusahaan yang memang membutuhkan seseorang untuk membantu di salah satu divisi. Jadi, ketika masuk ke perusahaan tersebut, ilmu yang Anda miliki memang benar-benar akan diterapkan.

4. Membangun networking

Pada saat Anda masuk dalam dunia magang tentu akan mengerjakan beberapa tugas dari atasan. Bahkan Anda kerap diminta untuk menemani atasan bertemu klien-kliennya. Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk membangun networking dengan klien sang atasan. Bahkan hingga tugas magang Anda berakhir, tetap aktif dan menjalin kontak dengan banyak klien ketika magang, dan selalu tinggalkan kesan yang baik dengan mereka. Hal ini makin mempermudah peluang Anda untuk memperoleh pekerjaan ketika lulus kuliah.

5. Perusahaan yang bekerja sama

Cari informasi sebanyak-banyaknya di universitas tempat Anda menuntut ilmu mengenai peluang bekerja. Faktanya, beberapa perguruan tinggi dan universitas telah menjalin kerja sama dengan perusahaan untuk memudahkan para mahasiswanya dalam memperoleh pekerjaan. Biasanya, perusahaan yang telah bekerja sama tersebut memprioritaskan mengambil anak magang dari universitas atau perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengannya. Apalagi jika lulusan dari universitas tersebut terbukti memiliki kinerja yang maksimal dan produktif.

Perusahaan yang bergerak di bidang kerja yang sempit, pasti akan kesulitan untuk mencari karyawan yang sesuai. Misalnya, hotel-hotel akan kesulitan mendapatkan karyawan yang sesuai sebab sekolah tinggi maupun universitas yang khusus mencetak mahasiswa untuk bekerja di perhotelan sangat sedikit, sedangkan industri perhotelan tumbuh pesat. Di situlah peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan dari hasil magang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top