Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

5 Ice Breakers yang Perlu Diterapkan Sebelum Meeting

ice breaker meetingTerkadang meeting dianggap sebagai kegiatan yang membosankan oleh sebagian orang. Lebih dari itu, ada pula yang merasa takut karena dimintai pertanggung jawaban atas pekerjaan tertentu. Akibatnya, ketika meeting menjelang, mereka pun tidak bisa berpikir logis. Padahal meeting adalah ajang brainstorming untuk memecahkan masalah.

Apa lagi bila Anda seorang praktisi PR. Membuat communications plans, rencana untuk melempar rilis ke media, mengedit presentasi, semua itu perlu dilakukan dengan memasuki sesi brainstorming. Tapi bagaimana bila sebelum meeting, para peserta sudah tidak mood duluan?

Menanggapi hal tersebut, dibutuhkan adanya ice breaker untuk memecah suasana sebelum meeting. Dan ini adalah keempat caranya.

1.       Batu bata

Bawakan batu bata kepada kelompok meeting, kemudian buat peserta meeting berpikir tentang kegunaannya. Ini akan melatih mereka untuk berpikir tentang solusi kreatif dan membantu peserta untuk melihat sesuatu yang umum dengan cara baru. Misalnya, batu bata yang umumnya digunakan untuk membangun tembok, mereka gunakan sebagai pengganjal pintu atau pemberat.

2.       Stiker

Berikan selembar kertas kepada masing – masing peserta meeting, kemudian mintalah untuk membuat stiker yang merangkum tantangan dari meeting ini. Dengan memaksa mereka untuk merangkum segala permasalahan dalam bentuk satu kalimat, gambar, atau keduanya ke model stiker maka masalah akan terlihat lebih sederhana, sehingga penanggulangannya pun lebih mudah.

3.       Susun kata

Robek huruf atau kata yang terdapat pada judul koran atau majalah yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, bagikan kepada peserta meeting. Lalu pintalah mereka agar menyusun kalimat yang tepat untuk menjadi sebuah judul iklan yang menarik. Ini akan melatih mereka dalam berpikir cermat (terutama ketika ingin membuat judul rilis) meski dengan kata yang dibatasi.

4.       Buat pesta

Setelah menjelaskan mengenai target audiens kepada peserta meeting, mintalah para peserta untuk membuat rencana, pesta apa yang perlu diadakan untuk target audiens nanti. Seperti di mana acara tersebut akan diselenggarakan, apa tema menarik yang akan diangkat, musik yang sekiranya akan dimainkan, makanan yang akan disajikan, juga hiburan yang akan ditawarkan. Ini akan membuat peserta meeting berpikir tentang segala hal yang sekiranya disukai oleh audiens. Pola pikir itu kemudian membuat peserta meeting lebih siap dengan berbagai ide yang relevan selama brainstorming berlangsung.

Ice breaker sangat berguna untuk mengubah suasana jadi lebih santai, dan keempat langkah di atas bisa Anda terapkan dalam kurun waktu 10 menit sebelum meeting berlangsung.

 

Editor: Wachid Fz | Foto: IceBreakersIdeas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top