Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

5 Hal yang Perlu Anda Pelajari Sebelum Memulai Bisnis

asdMemulai bisnis mungkin bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Nah, supaya Anda siap memulai bisnis, maka Anda perlu mempelajari beberapa hal berikut ini.

1. Ide baru

Mungkin beberapa dari Anda sulit untuk menemukan ide baru. Jika demikian, tidak ada salahnya meminta usul teman. Anda juga bisa mencari inspirasi dari orang lain. Lihat saja berbagai produsen robot, apakah itu murni ide mereka? Tidak, mereka terinspirasi oleh komik dan kartun. Hanya saja, mereka sedikit mengubahnya agar terkesan fresh.

2. Memiliki kedekatan dengan mitra bisnis

Mulailah bisnis dengan orang yang telah Anda kenal baik sebelumnya. Selain sudah mengetahui karakternya, visi Anda dan dia juga sudah sejalan. Jika timbul masalah pun, Anda akan dapat menyelesaikannya dengan baik. Ingat, setiap orang memiliki pemikiran dan kepentingannya masing-masing.

3. Terus bergerak

Kebanyakan orang memang lebih suka diam dan mendapatkan uang. Tapi orang-orang ini tidak akan kreatif dan membantu perusahaan Anda.

Mereka yang suka dengan berbagai hal barulah yang perlu dipertimbangkan, karena biasanya mereka akan menjalankan tugasnya dengan sangat antusias. Ide-ide mereka pun masih sangat baru. Namun yang jadi permasalahan adalah, Anda perlu terus bergerak untuk meningkatkan semangat mereka, karena jika tidak, mereka akan bosan dan meninggalkan Anda.

4. Jangan mengubah perilaku karyawan

Jangan sekalipun mengubah perilaku karyawan Anda, karena pada dasarnya seseorang memiliki perilaku yang unik dan berbeda-beda. Sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas bagaimana perilakunya, mungkin Anda akan memahami sifat dan hal yang lebih cocok dengan dirinya.

Kecuali jika ia terus mengulangi kesalahan yang berasal dari perilakunya, maka ia perlu diberi contoh sebagai peringatan.

5. Motivasi

Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama. Mungkin Anda akan sangat termotivasi dengan berbagai hal baru, tetapi tidak dengan karyawan Anda. Setiap orang memiliki impian dan motivasinya sendiri-sendiri.

Kebanyakan dari mereka mungkin akan termotivasi dengan uang, tapi tidak semuanya. Jadi, kenalilah apa yang menjadi motivasi bagi tim Anda agar semua dapat bergerak dengan semangat yang sama.

Jika Anda sudah memahami kelima hal ini dengan sangat jelas, maka Anda sudah layak untuk memulai bisnis.

 

Sumber: FastCompany.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top