Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

5 Elemen Penting Konten Viral

viralPemasaran konten jadi senjata ampuh bagi pemasar di era digital. Bisnis tidak bisa lagi jualan produk, Mereka juga perlu memberi nilai lebih kepada pasar yang akhirnya membuat mereka tertarik membeli.

Sayangnya, tak semua pemasar berhasil dengan kontennya. Konten yang viral membuat peluang merek untuk diingat semakin besar dan penjualannya meningkat.

Masalahnya ada yang menganggap kontennya sudah cukup menarik, tapi nyatanya tidak viral.Mengapa ini terjadi? Bisa jadi karena ada elemen yang tidak ada di dalam konten. Nah, coba cek lagi kelima elemen berikut:

Menarik secara emosional. Judul mana yang membuat Anda lebih tertarik, “Hati-hati Sikap Duduk Anda Saat Bekerja Pengaruhi Postur” atau “Manfaat Posisi Duduk yang Benar”?

Judul yang biasanya menarik adalah judul yang bisa membuat para pembacanya mempertanyakan kembali kebiasaannya atau hidupnya. Sentuh ‘titik nyeri’audience, lalu tawarkan solusinya.

Pastikan konten shareable. Konten yang bagus isinya saja nggak cukup. Pastikan bahwa konten relevan dengan percakapan di media sosial sehingga orang merasa terlihat keren dengan men-share konten tersebut.

Timing yang tepat. Meng-upload konten ke media sosial pada waktu yang tepat sangat menentukan viral atau tidaknya konten. Lakukan riset di media sosial terlebih dahulu. Cari tahu pada jam berapa saja audience banyak online. Beda media sosial, beda pula perilaku para penggunanya.

Desain yang bagus. Penampilan visual sangat penting. Tapi, tampilan visual yang cantik saja tak cukup untuk membuat viral. Perhatikan tata letak elemen gambar, huruf, warna, dan tipe tulisan.

Misalnya, gambar yang besar dan huruf yang tebal membantu menarik perhatian pembaca. Pastikan semua elemen terlihat seimbang dan memudahkan orang membacanya.

Distribusi yang baik. Viral tidaknya konten juga tergantung dari distribusinya. Share konten jangan hanya di satu media sosial. Kirimkan newsletter kepada pengunjung blog atau kepada teman dan kolega.

Akan lebih baik jika kita punya teman atau kolega yang punya pengaruh di media sosial. Kita bisa mendistribusikan konten kepadanya. Tapi, pastikan konten layak dan sarat manfaat ya. Pertimbangkan pula untuk menggunakan layanan iklan berbayar di Facebook dan Twitter.

Apakah konten Anda viral? Kami tunggu tips membuat konten viral dari Anda

(Entrepreneur)

 

3 Comments

3 Comments

  1. ozon91

    February 3, 2015 at 12:00

    Wah bagus banget nih informasinya, kebetulan ane lagi nge-develop cara buat meningkatkan pengunjung
    http://www.pricearea.com/harga/komputer/laptop

  2. kangbos

    April 4, 2015 at 10:44

    keren ga

  3. Anonymous

    August 4, 2015 at 13:18

    Nice tips gan

  4. bintang fajar

    February 5, 2016 at 20:18

    ane newbie gan..thanks udah bagi ilmunya. ternyata begitu to yg di maksud konten viral..wah kudu peraiki tulisan lagi nih eheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top