Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

5 Dimensi Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktifitas

Jika kita amati sebuah kereta kuda yg ditarik oleh 3 ekor kuda, ada sebuah pertanyaan yang menggelitik, “kecepatan kereta kuda tersebut, ditentukan oleh kuda yang manakah?Apakah yg paling cepat, menengah, atau kuda yg paling cepat?” Ternyata yang paling menarik adalah kenyataan bahwa kecepatan  kereta kuda tersebut ditentukan oleh kuda yang paling lambat, mengingat bagaimanapun cepatnya kedua kuda yang lainnya, jika ada satu kuda yg lambat, maka kecepatan laju kereta tersebut akan terganggu secara keseluruhan.

Analogi diatas menggambarkan sebuah kerja anggota tim demi mencapai puncak performance keseluruhan tim sangat dibutuhkan adanya kerja tim yang baik. Untuk mencapaik kondisi diatas, ada beberapa hal yang bisa dijadikan parameter acuan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Setidaknya ada 5 parameter tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sufficient Number of People

Apakah anda mempunyai SDM yg cukup dalam jumlah dan kapasitas untuk menjalankan korporasi

Jika belum pertanyaannya adalah:apakah anda mempunyai mekanisme rekrutmen SDM yg match dengan tujuan dan strategi anda

Jika sudah, tetapi masih ada masalah, pertanyaannya adalah apakah mekanisme tersebut didukung dengan sumberdaya korporasi?

2. The Skilled People

Apakah SDM anda terampil (efisien dan efektif) dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya?

Jika tidak atau belum, pertanyaannya adalah: apakah SDM anda dibekali dengan pengembangan kapasitas agar dapat bekerja dengan terampil?

Jika sudah, tetapi belum terampil, pertanyaannya adalah :apakah pelatihan anda sudah benar seperti yang dibutuhkan, baik dalam jenis dan jumlah (dosis-seringkali kita memberikan training “overdois”)

3. The Innovative People:

Apakah SDM anda mampu melihat masa depan, dan mampu mengkreasikan produk dan erja untuk masa depan korporasi?

Jika belum, pertanyaannya adalah:apakah anda sudah memiliki knowledge-based people, atau sekedar sklilled people (apalagi muscle-based) people?

Jika anda belum, pertanyannya adalah apakah anda sudah merekrut SDM berpengetahuan, atau anda sudah memberikan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi knowledge-based people?

4. Well Rewarded People:

Apakah SDM anda mendapat kesejahteraan materi dan rohani yang cukup dari korporasi, sebagai imbalan dari kontribusi professional mereka?

Jika belum, pertanyaannya adalah apakah anda telah mempunyai system dan startegi pendayagunaan sumberdaya manusia yang menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban?

Jika sudah, tetapi belum berjalan, pertanyaannnya adalah apakah system dan strategi anda efektif, baik dalam konsep maupun implementasi?

5. Alligned People (Bersinergi)

Apakah semua tim yang anda punya sudah bisa bersinergi (alligned people)? Jika belum pertanyaannya adalah apakah anggota tim anda bisa saling bekerja sama dengan erat? Apakah masing-masing anggota tim bisa saling menghormati atau malah saling menonjolkan diri dan menjatuhkan yang lainnya?Apakah anggota tim anda sudah bangga dengan organisasi, department, divisi, atau lembaganya?

Jika belum pertanyaan berikutnya:apakah anda sudah punya strategi untuk menyinergikan anggota anda? Baiak dengan anggota tim yang ada sekarang atau butuh pergantian anggota tim?

Selamat mencoba membangun tim yang produktif!!

Salam,

Wahyudi

www.MyIklanBaris.Info

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top