Marketing.co.id – Darmadi Durianto, salah satu dewan juri Marketing Award 2011 menilai ada empat karakteristik utama yang melekat pada perusahaan pemenang Marketing Award 2011. Pertama, perusahaan pemenang Marketing Award piawai dalam menciptakan brand awareness.
Kedua, perusahaan pemenang Marketing Award pandai memberikan experience yang unik kepada konsumen. ”Secara teori perusahaan yang awareness nya tinggi, market share nya juga tinggi,” tutur Darmadi, saat acara penganugerahaan Markerting Award 2011, di Balai Sarbini, Jakarta, 30 November 2011.
Ketiga, perusahaan pemenang Marketing Award memiliki produk yang bagus, bagus secara rasional dan emosional. Terakhir, perusahaan pemenang umumnya pandai mengikat konsumen melalui loyalty program.
“Mereka seperti dukun yang pandai ‘memelet’ konsumen, sehingga konsumen setia dan terus memakai produk tersebut,” jelas Darmadi.
Darmadi menjelaskan, para pemenang telah melalui proses penjurian yang panjang. Strategi marketing mereka diuji oleh para akademisi di bidang marketing dari berbagai universitas ternama. “Saya sendiri sebagai juri merasa banyak memperoleh masukan – masukan baru di bidang marketing. Strategi mereka luar biasa,” ujarnya.
Tahun ini Marketing Award memasuki tahun yang keenam. Ulasan lengkap mengenai profil pemenang bisa dibaca pada Majalah Marketing Edisi Desember 2011. (Tony Burhanudin)