Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

5 Cara Ritel Kecil Bersaing dan Menang

bisnis besar vs bisnis kecil

Marketing.co.id – Ritel kecil secara khusus tentu tidak dapat bersaing dengan kompetitornya yang lebih besar kecuali mereka agresif dan pintar dalam melihat peluang. Tapi ada lima hal yang bisa dilakukan agar ritel kecil bisa memenangkan persaingan.

Bersaing melalui experience (pengalaman) bukan harga.

Banyak sekali ritel kecil yang gagal melihat peluang. Ritel kecil dapat bersaing dengan ritel-ritel besar seperti Walmart atau Amazon bukan dengan harga melainkan melalui experience.

Salah satu ritel kecil yang bersaing lewat experience adalah Wonder Works – sebuah chain kecil empat toko mainan. Bisnis ini dijalankan oleh seorang pengusaha dinamis dan bersemangat, Christine Osborne.

Berikut lima hal yang ritel kecil dapat pelajari untuk bersaing dengan sesuatu selain harga.

  1. Memberikan insentif

Ketika Anda mengunjungi Wonder Works, biasanya akan ada seseorang dengan tersenyum menyambut Anda dan membawa sebuah mainan untuk Anda. Biarpun toko kecil, selalu ada ruang untuk memberikan produk sampel untuk berinteraksi dengan orang lain.

Ini seperti taman bermain dan anak-anak sangat menyukainya. Selain itu, secara rutin mereka mengadakan event seperti festival outdoor, penjualan di jalan-jalan, dan pengumpulan dana untuk mendorong orang berkunjung ke toko.

  1. Menawarkan nilai (Value)

Wonder Works menciptakan nilai dengan memberikan sebuah experience ketika seseorang berkunjung ke toko mereka. Selain itu, pelanggan biasanya dihargai dengan sesuatu yang spesial melalui e-newsletter dan media sosial. Tidak seperti kebanyakan peritel kecil, mereka lebih memilih menempatkan experience daripada mengambil untung banyak-banyak.

  1. Membedakan produk

Peritel besar jarang sekali memberikan kesempatan untuk produk baru atau pengembang baru. Ini membuat ritel-ritel kecil memiliki kesempatan besar untuk menawarkan item baru secara eksklusif.

Wonder Works adalah salah satu toko pertama yang menawarkan produk-produk baru. Biasanya produk-produk baru tersebut  menjadi salah satu produk terbaik yang mereka jual.

  1. Go online

Meskipun terbilang masih kecil dibanding Amazon dan peritel besar lainnya, mereka juga menawarkan katalog mainan yang fantastis dan website untuk mendukung experience di dalam toko. Bukan rahasia lagi bahwa belanja online akan terus menjadi metode yang banyak disukai. Sehingga menawarkan klien kenyamanan ini akan menjadi kunci keberhasilan Anda.

  1. Go social

Wonder Works sangat unggul dalam menarik dan mempertahankan penggemar, terutama pada tingkat lokal. Sebuah newsletter yang lucu, update konstan ke situs web, dan saluran media sosial mereka dan seluruh industri mainan di Charleston, membuat  pelanggan dan penggemar terlibat secara terus-menerus.

Tidak peduli seberapa kecil perusahaan ritel yang dijalankan, Anda harus menarik pelanggan melalui media sosial.

Untuk setiap bisnis kecil, bersaing dengan pesaing yang lebih besar selalu menakutkan. Khusus untuk toko ritel, tantangannya bisa 10 kali lipat. Agar sukses, pemilik bisnis ritel perlu bekerja keras.

Christine Osborne merupakan salah satu individu yang bekerja paling keras dalam industri mainan. Apakah Anda memiliki kisah sukses tentang bisnis ritel? Silakan berbagi dengan kami.

Sumber: INC.COM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top