Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

5 Cara Membangun Hubungan Usai Event

Membangun Hubungan Usai EventPerusahaan Anda mengadakan event? Atau Anda datang ke sebuah event yang tentunya penuh dengan orang – orang penting penunjang perkembangan perusahaan? Jika demikian, maka Anda butuh beberapa tips untuk membangun hubungan seusai event.

Hadir disebuah acara besar dan berkenalan dengan orang besar bukanlah akhir dari langkah Anda memperkenalkan diri dan perusahaan. Selanjutnya adalah, bagaimana Anda membangun hubungan tersebut. Karena jika itu tidak dilakukan, langkah awal Anda akan sangat sia – sia.

Berikut adalah lima cara yang perlu Anda lakukan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

1.       Catat orang yang Anda temui

Ketika bertemu dan berkenalan dengan seseorang, penting untuk mencatat siapa dia, dari mana ia berasal, meminta kontaknya, serta apa yang Anda bicarakan saat itu. Ini akan memudahkan Anda ketika suatu saat Anda berniat menghubunginya.

2.       Lakukan kontak

Jangan menunggu mereka menghubungi Anda, tapi sebaliknya, Anda lah yang harus menghubunginya lebih dulu. Misalnya dengan mengirim email atau pesan singkat. Bisa juga dengan menjadi teman di media sosialnya. Ada banyak cara, yang penting Anda tidak kehilangan kontaknya. Membangun hubungan yang sederhana sangat diperlukan.

3.       Perkenalkan diri Anda

Dalam beberapa kasus, terkadang ada orang yang lupa kepada Anda. Nah, tugas Anda lah untuk mengingatkan kembali, siapa Anda, dari mana Anda berasal, dan lain sebagainya. Bukankah di awal Anda sudah mencatat segala yang dibutuhkan? Strategi membangun hubungan dengan baik tidak akan berjalan bila mereka tidak mengetahui siapa Anda.

4.       Beri alasan

Sama halnya dengan Anda, mereka mungkin tidak akan menjawab bila tidak memiliki suatu alasan. Jadi, beri alasan kepada mereka, keuntungan apa yang sekiranya akan didapatkan jika membangun hubungan dengan Anda. Misalnya seperti, kerja sama apa yang akan Anda tawarkan, atau Anda memiliki hal yang sekiranya akan mereka butuhkan. Memberi sebuah motivasi sangat penting untuk kelanjutan hubungan Anda dengan mereka.

5.       Jangan menyerah

Terkadang mereka tidak membalas Anda meski sudah diberikan sebuah alasan, it’s ok. Mungkin saat itu ia sedang sibuk, atau mungkin alasan Anda kurang kuat. Beberapa sentuhan teratur kadang dibutuhkan, selama itu masih dalam tahap wajar.

Membangun hubungan baik dengan orang yang baru Anda temui sekali memang cukup sulit dibandingkan bila Anda sering bertemu dengannya. Untuk itu, berpikir secara matang sebelum melangkah perlu Anda lakukan.

 

Sumber: Ragan | Foto: CBN News

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top