Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

5 Cara Jitu Memaksimalkan Pendapatan Hotel

(sumber : manajemenkeuangan.net)

Marketing – Melakukan promosi hotel yang gencar sangatlah penting agar para calon tamu tertarik menginap di hotel Anda. Semakin banyak tamu yang menginap, semakin banyak pula keuntungan yang didapat.

Tentu saja diperlukan berbagai cara agar tujuan memaksimalkan pendapatan bisa tercapai. Ingin tahu cara jitu untuk meningkatkan keuntungan pendapatan hotel? Yuk, coba 5 cara jitu memaksimalkan pendapatan hotel berikut ini.

  1. Memiliki Website Hotel Lengkap dengan Pemesanan Online

Percaya atau tidak, memiliki website lengkap dengan pemesanan online bisa memaksimalkan pendapatan hotel. Hal ini bisa terjadi karena calon pelanggan lebih percaya melihat penjelasan tentang akomodasi bersangkutan dan fasilitasnya langsung dari website resmi.

Selain itu, informasi dari situs web resmi lebih akurat dan biasanya disertai foto-foto terbaru. Oleh karena itu, buatlah website hotel yang menarik dan lengkap. Sertai foto-foto terbaru dari kamar hotel dan fasilitas-fasilitas yang ada. Dijamin cara ini bisa memaksimalkan pendapatan hotel.

  1. Memberikan Suvenir Hotel dengan Gratis

Setiap orang pasti sangat senang jika diberi suvenir gratis. Cara ini terbukti efektif dapat mengoptimalkan pendapatan hotel. Anda bisa memberikan berbagai suvenir kepada pelanggan yang menyewa kamar saat akhir pekan, menginap lebih dari tiga hari, atau memesan dua kamar.

Jenis suvenir yang diberikan pun bisa beragam, seperti mug cantik, kaus, payung, atau kalender agar hotel semakin dikenal oleh masyarakat. Pelanggan yang dapat suvenir gratis akan merasa terkesan sehingga mereka berpotensi melakukan promosi mulut ke mulut.

  1. Melakukan Promosi yang Tepat Sasaran dan Efisien

Untuk memaksimalkan pendapatan hotel setiap bulan, diperlukan promosi yang tepat sasaran dan efisien. Selain itu, promosi membutuhkan teknik marketing yang baik sehingga calon pelanggan tertarik untuk menginap di hotel. Pelanggan lama juga mengalami “keterikatan” untuk kembali menginap.

Promosi ini sangat bermacam-macam. Anda bisa mengiklankan hotel di televisi dan radio hingga di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, YouTube, maupun LinkedIn. Promosi yang tepat sasaran dan efektif akan mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

4.       Membuat Blog tentang Hotel dengan Konten yang Menarik

Cara ini masih berhubungan dengan poin satu, yaitu mengisi website dengan artikel-artikel seputar hotel yang informatif dan menarik. Artikel bisa berupa kegiatan hotel, fasilitas, dan promo-promo sehingga banyak orang mengakses situs web hotel. Selain itu, Anda juga bisa mengisinya dengan artikel-artikel seputar traveling, seperti destinasi wisata favorit, tips perjalanan, serta berbagai lokasi wisata unik yang dapat dikaitkan dengan hotel.

Maksimalkan penggunaan SEO (Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari) dalam setiap konten artikel agar website hotel menjadi urutan teratas di mesin pencari. Semakin banyak yang berkunjung ke website, semakin mereka tertarik untuk melakukan pemesanan kamar sehingga penjualan semakin meningkat.

5.       Melakukan Kerja Sama dengan Virtual Hotel Operator

Cara jitu lain agar dapat memaksimalkan pendapatan hotel adalah bergabung dengan Virtual Hotel Operator (VHO), Airy. Salah satu keuntungan bergabung dengan Airy adalah peningkatan okupansi kamar menjadi 70% sehingga pendapatan hotel meningkat sekitar 20% sampai 30% setiap bulan. Hal ini terbukti lebih dari 1000 hotel di 92 daerah di seluruh Indonesia bergabung bersama Airy.

Itulah 5 cara jitu untuk memaksimalkan pendapatan hotel. Segera bergabung dan menjadi mitra Airy untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan, layanan konsultasi, serta solusi-solusi tentang manajemen hotel dan kesempatan untuk memaksimalkan keuntungan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top