Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Dak Beton Bocor

Cara mengatasi dak beton bocorMarketing.co.id – Berita Properti | Dak beton merupakan komponen penting dalam konstruksi bangunan. Dak beton biasanya difungsikan sebagai pembatas antar lantai pada bangunan bertingkat, juga dapat difungsikan sebagai atap atau yang lebih dikenal dengan sebutan atap dak beton.

Dak beton belakangan ini cukup populer dan diminati sebagai atap karena sifatnya yang kokoh, mudah dibersihkan, mudah perawatannya dan dapat dijadikan area serbaguna. Selain aspek fungsional, dak beton juga dapat menambah nilai estetika dari sebuah bangunan.

Pembentukan dak beton itu sendiri biasanya melalui proses pengecoran dengan unsur material yang berperan yaitu semen, pasir, kerikil, air, aditif beton serta bidang yang telah disiapkan dengan tulangan beton untuk memperkuat struktur bangunan.

Pembangunan rumah dengan atap beton bukan merupakan hal yang sulit dilakukan, namun tetap menjadi sebuah biaya investasi tempat tinggal bagi keluarga sehingga tetap perlu diperhatikan proses dan bahan-bahan pengecorannya. Apabila proses pengecoran beton tersebut tidak dilakukan dengan sempurna maka dapat menyebabkan masalah di kemudian hari seperti beton keropos dan masalah yang kerap terjadi yaitu kebocoran.

Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan dak beton bocor, di antaranya:

Pengecoran beton tidak sempurna

Perbandingan campuran bahan yang tidak sesuai dapat membuat beton tidak sempurna. Ada kalanya beton yang dicor bergumpal, daya alir yang kurang bagus sehingga beton tidak memenuhi seluruh bidang pengecoran. Hal ini juga dapat menimbulkan rongga dalam coran bahkan berakibat beton keropos.

Hasil coran yang tidak memenuhi standar

Jangan ragu konsultasikan hal-hal teknis dengan arsitek, kontraktor, atau orang yang lebih paham bangunan karena standar beton tentunya cukup kompleks. Salah satu contohnya yaitu ketebalan beton, disarankan ketebalan beton minimal sesuai standar adalah 12 cm atau dapat bergantung pada kebutuhan.

Permukaan beton tidak halus

Beton yang dihasilkan dengan pori-pori besar dan tidak halus lebih rawan menjadi celah air untuk masuk. Selain pori-pori perlu diperhatikan juga ada atau tidaknya retak pada permukaan beton. Retak lebar pada atap dak beton dapat berakibat lebih fatal dibanding pori-pori.

Penggunaan waterproofing tidak tepat

Pelapis anti bocor biasa belum tentu cukup untuk melapisi atap dak beton, apalagi cat biasa yang tidak memiliki fungsi kedap air. Untuk atap dak beton, disarankan menggunakan pelapis anti bocor berbahan akrilat poliuretan.

Setelah mengetahui penyebab dak beton bocor, solusi mengatasi dak beton bocor tentunya dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan proses pengerjaan yang tepat, mengikuti panduan aplikasi produk yang biasanya tertera di setiap kemasan.

GM Commerce PT. Adhi Cakra Utama Mulia Antony Kostka mengatakan, Aquaproof merupakan solusi atap beton dengan rangkaian produk BETONMIX, Super Cement, Aquaproof Pro dan Aquaproof Polyester Mesh. Rangkaian produk tersebut sudah tersedia di modern outlet khusus bangunan dan berbagai toko bangunan di seluruh Indonesia.

“Aquaproof selain menyediakan solusi untuk berbagai permasalahan bangunan, kini juga semakin mendekatkan diri dengan konsumen dengan memiliki official store di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada sehingga konsumen bisa lebih mudah berbelanja dan tentunya dilengkapi layanan konsultasi gratis terkait masalah bangunan atau produk,” pungkas Antony Kostka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top