Marketing.co.id – Pepatah mengatakan, “Jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Kalau keranjang itu pecah, habislah semuanya.”
Bila kita hanya bergantung pada satu klien besar, itu memang sangatlah berisiko. Masalahnya, ketika klien tersebut mundur, kita harus menggarap lagi kampanye untuk menarik klien baru.
Agar bisnis tidak berhenti mendadak, Anda mesti memiliki banyak klien dari besar sampai kecil. Untuk itu, Anda harus terus mencari prospek baru, bertanya kanan-kiri, menghadiri pameran untuk mencari peluang baru.
Tidak ada salahnya juga jika Anda sering mempublikasikan bisnis di hampir semua media komunikasi. Melakukan banyak kontak bisnis dengan para calon klien, dan menghubungi asosiasi dagang demi menjaring sebanyak mungkin pelanggan.
Selain kampanye dan strategi pemasaran yang terencana, setidaknya ada empat langkah yang bisa dijalani agar tambang uang Anda tidak pernah kering:
- Berpikirlah simpel, jangan muluk-muluk
Sebarkan semua risiko perusahaan ke semua klien, dan jangan menanggungnya sendirian. Karena itu, tidak ada salahnya Anda memiliki selusin klien kecil ketimbang hanya lima atau enam klien besar di bisnis Anda.
- Evaluasi kembali klien-klien yang Anda miliki.
Beberapa klien mungkin hanya membuang-buang waktu, energy, dan uang Anda karena tuntutannya terlalu tinggi. Untuk itu, evaluasi kembali daftar klien yang Anda miliki.
- Berhentilah berpetualang dengan klien seperti nomor dua
Berhentilah berpetualang bisnis dengan klien seperti nomor dua. Atau bila klien rewel dengan terus menerus menghubungi Anda, carilah alasan menghindarinya. Misalnya, katakan saja Anda baru bisa mengerjakan permintaannya setelah Anda menyelesaikan proyek yang tengah Anda tangani, mungkin beberapa minggu atau bulan lagi dari sekarang.
Namun, bila Anda tetap tidak bisa memutus hubungan dengan klien besar Anda yang cukup rewel, Anda harus mengefektifkan kerja sama tersebut agar lebih menguntungkan. Negosiasikan lagi “tarif” Anda atau perketat pelayanan sehingga Anda memiliki cukup banyak waktu untuk mencari klien lain yang lebih bersahabat.
- Tingkatkan kesetiaan
Untuk pelanggan yang ingin Anda teruskan, tawarkan layanan yang membuat mereka betah. Misalnya,lewat jurus “layanan mengejutkan”. Bentuk layanan ini beragam, antara lain ucapan terima kasih yang ditulis sendiri untuk setiap order besar, menelepon hanya untuk menanyakan apakah mereka senang dengan layanan Anda , atau merespon secepatnya atas keluhan mereka.
Anda pun bisa menggunakan referensi dari satu klien untuk mendapatkan klien baru . Biasanya calon klien baru suka melihat-lihat dulu kilen yang pernah atau tengah ‘memakai’ Anda. Semakin berbobot dan panjang daftar klien Anda, kian terbuka luas kemungkinan Anda mendapatkan klien baru.
Tapi tak kalah penting dari semua itu: bila layanan Anda top, ada garansi untuk produk atau jasa, plus mampu memberi layanan yang bersahabat yang disertai pendekatan bersifat personal, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari klien baru. Selamat berburu!
Tabloid Marketing